Sosial

Bupati Ingin Masyarakat Belajar Kitab Kuning

Bupati Aceh Jaya, Drs. T. Irfan TB

ACEHTERKINI.COM | Bupati Aceh Jaya, Drs. T. Irfan TB menginginkan agar masyarakat Aceh Jaya bisa mempelajari secara rutin kitab-kita Arab, salah satunya adalah Kitab Kuning.

“Pemerintah ingin mengubah persepsi dan meningkatkan animo masyarakat untuk belajar Kita Kuning,” kata T. Irfan TB saat menghadiri acara Qira’atul Kutub di Dayah Budi Lamno menyambut 1 Muharram 1439H, Kamis (21/9/2017) malam.

T. Irfan menambahkan kegiatan Qira’atul Kutub ini dapat digelar secara rutin agar para santri dayah mampu mengasah ilmu membaca kitab-kitab Arab.

“Pada zaman modern sekarang ini telah memberikan dampak positif dan negatif antar bidang disiplin ilmu, hal ini ibarat dua sisi mata uang, pada satu sisi memberi kemajuan minat seseorang untuk mempelajari ilmu tertentu, juga disisi lain mengurangi minat seseorang untuk mempelajari ilmu yang lain,” kata T. Irfan.

Sehingga keadaan inilah yang sudah terjadi pada bidang ilmu yang berbasis nilai agama terutama pada kitab- kitab Arab, itu terbukti dengan sedikit sekali dikalangan umat Islam yang mampu membaca apalagi memahami kitab-kitab kuning.

Banyak diantara sebagian masyarakat berfikir bahwa kitab-kita Arab karya ulama terdahulu hanya bicara soal ritual agama seperti shalat, puasa, zakat, haji serta tentang Hudut (hukum) akan tetapi realitasnya kitab-kitab karya ulama juga berbicara semua hal dalam hidup, seperti sosial, politik, kebudayaan, sejarah, termasuk masalah negara yang diikat dengan aturan agama.

“Sebagian orang berfikir bahwa bidang ilmu agama tidak menjanjikan lapangan pekerjaan yang luas bagi penuntutnya, itu jika dilihat dari sudut pandang materialistis, padahal hakikatnya setiap ilmu bukan untuk membuat orang menjadi kaya akan tetapi menciptakan insan yang lebih baik dari semua sudut pandang,” demikian Bupati Aceh Jaya, Drs. T. Irfan TB. [Arif]

To Top