Ekonomi

Budidaya Udang Vaname, Bupati Abdya Teken MoU dengan Perindo

Udang Vaname

ACEHTERKINI.COM | Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), Akmal Ibrahim SH bakal mendongkrak perekonomian masyarakat dengan menciptakan budi daya tambak Udang Vaname untuk masyarakat yang tinggal di pesisir wilayah kabupaten setempat.

Upaya tersebut dibuktikan dengan penandatangan nota kesepahaman bersama (MoU) antara Pemkab Abdya dengan pihak perusahaan umum perikanan Indonesia (Perum-Perindo) di Aula Lobi Kantor Bupati Abdya, Senin (11/9/2017) pagi.

Bupati Akmal dalam kesempatan itu mengatakan, upaya tersebut merupakan langkah tepat untuk melaksanakan perjanjian kerjasama dengan Perum-Perindo dibidang perikanan dan Udang. Dimana, sistem bisnis perikanan melalui kegiatan budidaya itu, diharapkan dapat mewujudkan kesejahteraan dan peningkatan taraf hidup masyarakat Abdya khususnya.

Menurut Bupati Akmal, tambak udang di Abdya sangat cocok karena belum terkontaminasi dan pencemaran lainnya. Atas dasar itu, pihaknya sudah menyediakan 20 hektar lahan tambak untuk budidaya udang vaname, apalagi Perum-Perindo sangat bernafsu untuk melaksanakan hal itu.

Bupati Abdya, Akmal Ibrahim Foto Bersama dengan Muspida Abdya dan Perum Perindo di Lobi Kantor Bupati, Senin 11 September 2017. [Foto:Rizal]

“Direncakanan, minggu depan Perindo akan mengirim teknisi untuk berkantor di Abdya, Target kita, Bulan Desember sudah terlihat hasilnya,” kata Akmal dalam acara tersebut.

Bagi masyarakat Abdya yang memiliki tanah, tambah Akmal, diharapkan segera berkonsultasi langsung dengan pihak Perindo yang akan berkantor di Abdya nanti.

“Kalau udang vaname ini sudah berjalan dan menjadi pendapatan untuk masyarakat, saya yakin tidak lagi yang suka bermain proyek. Maka dari itu, kita siap memfasilitasi. Jika ada lahan rakyat dalam satu hektar saja setelah digabung menjadi 50 hektare akan bisa kita jadikan lokasi usaha,” tuturnya.

Terakhir Akmal menghimbau dan mengajak masyarakat, terutama yang masuk dalam kawasan pesisir pantai untuk berkomitmen mendukung suksenya program rakyat ini. “Kita ingin buat perubahan, bukan hanya sekedar wacana,” ujarnya singkat.

Sementara itu, Direktur Perum-Perindo, Ir Syahril Japarin mengatakan, kehadirannya untuk melihat potensi perikanan yang ada di wilayah Abdya, juga tak terlepas dari semangat dan usaha Bupati Akmal untuk menarik pihaknya hingga sampai ke Abdya.

“Pemerintah pusat memang akan memperkuat sektor kalautan dan perikanan. Kebetulan Perum-Perindo yang saya pimpin mendapatkan kesempatan sebagai pendukung utama dari kebijakan sektor kelautan perikanan di Indonesia,” ungkapnya.

Berkat dorongan semangat yang besar, Syahril menjadikan hal itu menjadi lompatan kinerja jenis usaha, sehingga di tahun ini pihaknya menargetkan bisa melakukan panen perdana.

Ajakan dan tawaran Bupati Akmal agar dapat ikut hadir ketempat tersebut mendapat respon yang baik dari Perindo. Sehingga dapat mempercepat kinerja perusahaannya seperti yang telah ia wacana sebelumnya.

“Semoga usaha ini bisa menjadi bisnis yang lebih menguntungkan untuk masyarakat, sehingga pendapatan masyarakat akan lebih baik kedepannya,” demikian sambungnya. (Rizal)

Comments
To Top