Sosial

Berbahaya, Truk Batu Gajah di Abdya Tanpa Pengaman

Foto | Rizal

ACEHTERKINI.COM | Sejumlah truk pengangkut batu gajah tidak menggunakan rantai pengaman atau terpal penutup pada saat melintasi kawasan pusat perdagangan Kota Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya).

Kondisi itu dikeluhkan banyak kalangan masyarakat, terutama pengendara yang persis sedang beriring-iringan dengan truk beroda sepuluh tersebut. Ketakutan warga mulai menjadi-jadi ketika berada persis dekat di belakang truk, pengendara khawatir batu-batu besar yang ada di dalam truk sewaktu-waktu bisa jatuh.

Erwan, salah satu pengendara sepeda motor mengaku harus menjaga jarak dengan truk angkutan batu gunung itu.

“Selain tidak menggunakan rantai pengaman, batu gajah tersebut juga tidak ditutup menggunakan terpal. Dampaknya, pengendara yang berada di belakang truk akan terkena serpihan kecil dari batu itu juga debu,” katanya kepada wartawan, Rabu (13/9/2017).

Hal senada juga diutarakan, Samsir. Sopir angkutan umum dengan tujuan Tapaktuan-Banda Aceh, ia mengaku terlalu sering beriringan dengan truk pengangkut batu gajah tanpa rantai pengaman dan juga penutup yang menggunakan terpal tersebut.

“Justru berbeda dengan Abdya, kita juga tidak tahu apakah pihak keamanan pernah menegur atau tidak. Harusnya, kalau bukan sopir truk, kontraktor proyek tersebut harus ditegur oleh polisi, agar tidak semena-mena dijalan raya,” ungkapnya singkat.

Secara terpisah, Kapolres Abdya AKBP Andy Hermawan SIK MSc melalui Kasat Lantas, Iptu RJ Agung Pratomo SIK, menjelaskan, pihaknya sudah memberikan peringatan keras terhadap truk pengangkut batu gajah di Abdya. Bahkan sejumlah truk sudah dihimbau agar menggunakan pengaman tertutup pada saat bermuatan batu gajah.

“Kita sudah meminta sopir truk agar menggunakan pengaman pada saat bermuatan batu gajah. Dengan harapan tidak mengganggu pengendara lain yang sedang melintas,” sebutnya.

Disamping itu, Kasat Lantas Agung juga menyetakan kalau peringatan dan himbauan tidak diindahkan, maka pihaknya tidak segan-segan melakukan tindakan tegas.

“Kita akan tindak tegas jika peringatan dan himbauan itu tidak diindahkan. Sekali lagi kita menghimbau agar truk pengangkut batu gajah segara menggunakan pengaman agar tidak ada yang dirugikan,” demikian singkat. (RiZal)

Comments
To Top