Kesehatan

Aceh Jaya Bantu Kenderaan Kesehatan Kepada Petugas

Bupati Aceh Jaya Serahkan Kenderaan Dinas Untuk Pelayanan Kesehatan ke rumah-rumah warga, Selasa 19 September 2017

Foto | Arif

ACEHTERKINI.COM | Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya memberikan bantuan sepeda motor kepada petugas kesehatan dan mobil ambulans untuk Puskesmas guna meningkatkan pelayanan kesehatan di kabupaten setempat.

Bantuan tersebut berupa 24 unit kenderaan roda dua kepada petugas untuk menunjang program kesehatan ke rumah-rumah warga, dan tujuh unit mobil ambulans untuk Puskesmas dalam Kabupaten Aceh Jaya.

Bupati Aceh Jaya, Drs. T. Irfan TB mengatakan, bantuan ini untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Kenderaan roda dua dan ambulans ini untuk menjemput masyarakat yang sedang sakit.

“Kita berikan dua unit kenderaan roda dua setiap Puskesmas dalam Kabupaten Aceh Jaya, jadi bantuan sepeda motor dan mobil ambulans ini tidak hanya untuk di jadikan rujukan tapi juga untuk menjemput masyarakat yang sakit,” kata Irfan TB, Selasa (19/9/2017).

Kenderaan Dinas untuk Pelayanan Kesehatan di Aceh Jaya. Foto : Arif

Bupati Aceh Jaya mengingatkan kepada petugas agar tidak menempatkan kenderaan kesehatan tersebut di rumah pribadi dengan alasan apapun.

“Tidak boleh ditempatkan di rumah kepala Puskesmas maupun di rumah supir, tujuannya agar tidak menimbulkan opini di masyarakat bahwa kenderaan tersebut milik pribadi,” ujar T. Irfan TB. Selain itu bupati juga mengimbau agar kenderaan yang dibantu ini tidak dimodifikasi.

“Bantuan kenderaan ini untuk memudahkan operasional petugas kesehatan langsung ke rumah-rumah warga, petugas harus selalu melakukan monitoring ke desa-desa setiap hari. Tidak hanya menunggu panggilan dari masyarakat,” tegas Bupati Aceh Jaya, Drs. T. Irfan TB.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Aceh Jaya, Ns. Hj. Ernani Wijaya dalam laporannya menyampaikan bantuan kenderaan kesehatan tersebut didanai dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Otsus tahun 2017.

“Lima unit ambulans dari dana DAK, ditempatkan di Puskesmas Lamno, Ligan, Pante Kuyun, Panga dan Puskesmas Pasie Raya. Kemudian dua unit lagi dari Dana Otsus, satu ditempatkan di Kantor Dinas Kesehatan di Calang, dan satu lagi masih dalam proses pengadaan,” demikian Ernani Wijaya. [Arif]

To Top