Ekonomi

Wakil Bupati Sidak Pasar Pagi, Pedagang Mengeluh Sepi

Wakil Bupati Abdya Muslizar Meninjau dan Berdialog dengan pedagang di Pasar Pagi Manggeng, Sabtu 19 Agustus 2017

Foto | Rizal

ACEHTERKINI.COM | Wakil Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), Muslizar MT melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di Pasar Pagi, Desa Kedai, Kecamatan Manggeng, kabupaten setempat, Sabtu (19/8/2017).

Sidak tersebut dilakukan Muslizar untuk mendengarkan keluhan dari pedagang setempat yang sudah mulai sepi dari pembeli.

Kedatangan Muslizar tidak disia-siakan oleh para pedagang. Secara terus terang, pedagang menyampaikan keluhan terkait kondisi pasar yang sepi dari pengunjung.

Amri (55), pedagang sayur di lokasi itu, mengatakan kalau salah satu penyebab Pasar Pagi sepi pembeli lantaran masyarakat sedang dalam kondisi krisis keuangan serta pendapatan. “Hal demikian sudah lama kami rasakan, jika ada sayur yang tidak laku maka akan kami berikan untuk pakan ternak,” katanya.

Munurut Amri, pedagang masih bisa bernafas, jika ekonomi masyarakat sudah mulai membaik. Seperti halnya memasuki musim panen padi, daya beli masyarakat akan meningkat. “Kami berharap, pak Wabup dapat mencari solusi tentang masalah kami ini,” ujarnya.

Jika memasuki musim panen, Amri mengaku masih bisa dapat Rp 200 ribu per hari dari hasil penjualan sayur. “Nah, sekarang turun drastis kadang hanya mendapat Rp 15 ribu per hari. Kondisi itu karena pengunjung sepi, kecuali saat hari pasar baru ramai,” tuturnya.

Hal Senada, juga dikemukakan Ramli (45), semenjak kondisi pendapatan masyarakat mulai menurun dalam sebulan terakhir ini membuat pedagang di Pasar Pagi Manggeng ada yang mulai pindah.

“Karena tidak tahan dengan kondisi pendapatan yang terus menurun, maka ada pedagang yang memilih pindah dari lokasi ini. Malahan ada yang berhenti berjualan,” sebutnya.

Mendengar keluhan pedagang tersebut, Wabup Muslizar, meminta kepada para pedagang untuk bersabar. Katanya, perekonomian di Abdya saat ini sedang ditata dan dibenahi kembali. Semoga saja kedepannya akan lebih baik dan terjadi peningkatan pendapatan yang memadai untuk para pedagang.

“Kita dipilih untuk melayani rakyat dan mengembalikan harapan rakyat demi kemajuan bersama,” katanya.

Disamping itu, Wabup menjelaskan, salah satu cara untuk menggait daya beli masyarakat, yakni dengan meningkatkan pendapatan perekonomian masyarakat dari segala bidang. Baik dari sektor pertanian, perkebunan dan laut.

“Bila semuanya itu sudah stabil, maka dengan sendirinya daya beli masyarakat akan terus meningkat dan pedagang yang akan diuntungkan dalam hal ini,” ungkap Muslizar kepada para penjual sayur di pasar tersebut. (Rizal)

To Top