Ekonomi

Triwulan II 2017, Ekonomi Aceh Tanpa Migas Naik 1,94 Persen

Gambar Ilustrasi

ACEHTERKINI.COM | Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh merilis pertumbuhan ekonomi Provinsi Aceh pada triwulan II tahun 2017 tanpa migas mengalami kenaikan sebesar 1,94 persen dibandingkan pada triwulan I 2017.

Kepala BPS Aceh, Wahyuddin, menyampaikan, pertumbuhan ekonomi pada triwulan II 2017 ini banyak dipengaruhi oleh faktor musiman. Pertumbuhan tertinggi dicapai oleh kategori administrasi pemerintahan, jasa pendidikan, dan jasa kesehatan yang disebabkan adanya pembayaran gaji ke 14 bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Lapangan usaha yang mengalami kenaikan cukup tinggi pada triwulan II 2017 adalah jasa keuangan asuransi dan penyediaan akomodasi makan minum karena adanya even nasional yang diselenggarakan di Aceh pada April dan Mei 2017.

Struktur Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Aceh menurut lapangan usaha atas dasar harga berlaku didominasi oleh lapangan usaha pertanian, kehutanan dan perikanan sebesar Rp10.6 triliun dari total PDRB Aceh nonmigas Rp34.5 triliun pada triwulan II 2017.

Disusul PDRB tertinggi oleh lapangan usaha perdagangan besar, eceran dan reparasi mobil dan sepeda motor sebesar Rp5.8 triliun.

Sementara struktur PDRB Aceh menurut pengeluaran atas dasar harga berlaku pada triwulan II 2017 didominasi oleh pengeluaran konsumsi rumah tangga sebesar 63,75 persen, dan infrastruktur, sarana dan prasarana sebesar 34,31 persen, serta pengeluaran konsumsi pemerintah sebesar 23,22 persen. [Edi]

To Top