Sosial

TMMD Ditutup, Gotong Royong Jadi Warisan Budaya Bangsa

Tarian Saman Meriahkan Penutupan TMMD ke-99 di Gayo Lues, Rabu 2 Agustus 2017

Foto | Istimewa

ACEHTERKINI.COM | TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-99 di Gayo Lues akhirnya ditutup. Ribuan masyarakat terlihat sangat antusias menghadiri acara penutupan TMMD di Lapangan Bola Kaki Kecamatan Dabun Gelang, Rabu (2/8/2017).

TMMD di Gayo Lues ditutup Perwira Ahli Bidang Ideologi dan Politik Kodam Iskandar Muda, Kolonel Inf. Lilik Sutikno. Ia berpesan semagat gotong royong yang telah terbangun antara TNI dan masyarakat dapat dilestarikan sebagai warisan budaya bangsa.

Berbagai kesenian dan adat gayo ditampilkan dalam acara penutupan itu. Sedikitnya 800 penari saman, pemain seni kuda lumping, seni atraksi debus ikut memeriahkan penutupan TMMD Gayo Lues.

Lilik Sutikno mengatakan, kegiatan seperti ini mencerminkan rasa nasionalisme warga, mereka datang dari berbagai suku dan agama serta adat istiadat. “Mereka saling menghargai sebagai bentuk Bhineka Tunggal Ika,” kata Staf Ahli Pangdam Iskandar Muda ini.

Kebersamaan ini merupakan sinergitas yang positif dalam mengatasi berbagai permasalahan bangsa, termasuk membantu Pemerintah Daerah mempercepat pembangunan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Semangat gotong royong yang telah terbangun selama pelaksanaan TMMD ini dapat terus dilestarikan sebagai warisan budaya bangsa, peliharalah hasil kegiatan TMMD agar manfaatnya dapat dinikmati masyarakat,” pesan Kolonel Inf. Lilik Sutikno.

Sementara itu Dandim 0113 Gayo Lues, Letkol Inf. Muhammad Faizal Nasution selaku Dansatgas TMMD Reguler ke-99 mengatakan, walaupun TMMD ini sudah berakhir tapi silaturrahmi antara TNI dan masyarakat harus terus dijaga dengan baik.

“Saya sampaikan terima kasih kepada masyarakat dan semua pihak karena pelaksanaan TMMD di Gayo Lues selesai sesuai dengan harapan yang dicapai, komunikasi dan silaturrahmi harus terus dijaga,” kata Dandim.

Selain dimeriahkan oleh tarian dan seni budaya setempat, penutupan TMMD ke-99 di Gayo Lues ini juga dirangkai dengan kegiatan donor darah bersama PMI, pengobatan massal, bazar dan pembagian sembako. [Par]

To Top