Layanan Publik

Sistem Kelola Pasar Blangpidie di Evaluasi

Wakil Bupati Abdya Muslizar | acehterkini.com

Wakil Bupati Abdya, Muslizar MT mengunjungi para pedagang di Pasar Blangpidie, Senin (21/8/2017).

Foto | Rizal

ACEHTERKINI.COM | Wakil Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), Muslizar MT memerintahkan kepada sejumlah instansi terkait agar mengevaluasi kembali sistem pengelolaan di Pasar Kota Blangpidie, antara wilayah Desa Meudang Ara dan Pasar, Kecamatan Blangpidie, kabupaten setempat.

Kepada instansi terkait dalam hal ini, Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan (Diskop UKM Perindag), Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim dan LH), Dinas Perhubungan (Dishub), Satpol PP termasuk pihak kecamatan Blangpidie untuk melakukan rapat bersama guna membuat aturan baru terkait mekanisme pengelolaan Pasar Blangpidie agar tidak semberaut.

Didampingi sejumlah Kepala SKPK terkait, Wabup Muslizar mewacanakan agar pengelolaan Pasar Blangpidie akan dikembalikan kepada Desa Meudang Ara dan Pasar.

“Persisnya, setelah ada hasil rapat yang dilakukan beberapa instansi itu,” katanya saat meninjau kondisi Pasar Blangpidie diseputaran Jalan Haji Ilyas, Blangpidie, Senin (21/8/2017)

Khusus kepada Dinas Perhubungan, Muslizar memerintahkan agar jalan H. Ilyas dapat dilalui kendaraan satu arah saja. Jika ada yang berlawanan arah silahkan ditertibkan dengan cara persuasif bukan dengan tindakan kekerasan. Termasuk kendaraan yang terparkir di wilayah pasar harus ditertibkan dengan benar agar kendaraan lain tidak mengalami kemacetan.

“Setiap pagi, Dinas Perhubungan harus menurunkan dua personel menjaga lalulintas jalan H. Ilyas, agar tidak ada kendaraan yang melintas berlawanan arah,” ungkap Muslizar.

Dalam kunjungannya ke Pasar itu, Muslizar tidak melarang para pedagang berjualan di lokasi itu. Bahkan, Muslizar mengizinkan mereka untuk tetap berjualan di tempat biasa (pasar pagi).

“Dengan banyak pedagang seperti itu, suasana pasar akan menjadi hidup. Cuma, kita perlu menjaga ketertiban dan kebersihannya saja. Kemudian pergunakan waktu yang telah ditentukan untuk berjualan, khusus untuk pedagang pasar pagi di Blangpidie,” demikian jelasnya.

Amatan dilapangan, dalam kunjungannya ke Pasar Blangpidie, Muslizar sempat membeli Singkong Rp.100 ribu kepada salah satu pedagang setempat. Selanjutnya, Muslizar dan rombongan menyempatkan diri menyapa para pedagang sayur di Pasar Pagi.

Seterusnya, Muslizar juga mengunjungi para penjual ikan, penjual ayam, pedagang sembako dan pedagang tembakau. Berbagai keluhan dan masukan dialamatkan kepada Muslizar yang baru hitungan hari dilantik menjadi Wakil Bupati Abdya mendampingi Bupati Akmal Ibrahim. (Rizal).

To Top