Lingkungan

Setelah Diobati, Gajah Liar Ditemukan Mati

Tim BKSDA Aceh Mengobati Gajah Liar yang terluka kena benda tajam di Lamtamot, Aceh Besar, Rabu 16 Agustus 2017

Foto | BKSDA Aceh

ACEHTERKINI.COM | Seekor gajah liar ditemukan mati oleh tim dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh di Hutan Sekunder, di wilayah Lamtamot, Gampong Teladan, Kecamatan Lembah Seulawah, Kabupaten Aceh Besar, Kamis (17/8/2017).

Kepala Pusat Latihan Gajah (PLG) Saree, Nurdin mengatakan, gajah tersebut ditemukan mati sekitar pukul 11.00 wib, Kamis tadi. “Kami temukan di lokasi yang tak jauh dari tempat sebelumnya gajah tersebut diobati pada Rabu (16/8/2017),” kata Nurdin kepada acehterkini, Kamis.

Ia menjelaskan sebelum gajah itu mati, tim BKSDA Aceh dan tim dari Fakultas Kedokteran Hewan Unsyiah mengobati kaki kanan dan bagian perut gajah liar itu yang terkena benda tajam atau benda runcing. Luka di kaki gajah itu sudah infeksi dan sudah berbelatung di bagian perut.

Setelah diobati kata Nurdin, tim kembali melepaskan gajah betina yang berumur 40 tahun itu kembali ke habitatanya.

“Tadi, Kamis kita lihat lagi kondisi gajah liar itu, tidak jauh dari lokasi tempat gajah tersebut diobati kemarin atau sekitar 100 meter dari lokasi, kita temukan gajah liar itu mati. Kita perkirakan gajah mati pukul 05.00 wib,” ujar Nurdin.

Masih dikatakan Nurdin, hari ini Jumat (18/8/2017), BKSDA Aceh akan melakukan otopsi terhadap gajah liar yang mati tersebut.

Kepala BKSDA Aceh, Sapto Aji Prabowo mengatakan sejak Januari – Agustus 2017 sudah 6 ekor gajah mati, termasuk satu ekor janin gajah keguguran dan satu anak gajah mati dalam perawatan. [Firman]

To Top