Sosial

Postingan Damhuri, YARA: Pemkot Subulussalam Jangan Memihak

Ketua YARA Subulussalam, Edi Saputra

Foto | Alim

ACEHTERKINI.COM | Ketua Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) Perwakilan Kota Subulussalam, Edi Sahputra turut angkat bicara menanggapi postingan Damhuri di facebook yang disebut-sebut netizen sebagai Sekda Kota Subulussalam setempat dinilai memihak kepada pemilik modal.

Menurut Edi, status Damhuri dilaman facebooknya sangat tidak arif dan tentu menyakiti hati warga yang sedang berkonflik.

“Ini menunjukkan Damhuri tidak peka terhadap derita rakyat, sebagai pejabat publik beliau harusnya menyikapi ini secara bijak, lihat dulu akar permasalahannya dan sejauh mana peran beliau sebagai pejabat dalam mengatasi masalah ini,” kata Edi melalui siaran persnya yang diterima acehterkini, Sabtu (5/8/2017).

Mengutip dari laman facebooknya Damhuri, Edi menilai bahwa Damhuri hanya mementingkan investasi dan tidak melihat penting kasus yang berkembang antara warga dan pihak perusahaan, tindakkan progresif perusahaan memenjarakan warga sangat tidak positif dan memicu konflik, seharusnya pemerintah daerah ada didalamnya sebagai penengah untuk memediasikan masalah ini, tapi bukan malah terkesan memihak, kepada investor.

“Berbicara investasi sah-sah saja, tapi Janganlah hanya mementingkan investasi lalu hak hakyat di dzalimi, harusnya investasi itu untuk memacu pertumbuhan ekonomi rakyat, bukan membuat kegaduhan yang menyengsarakan rakyat,” tambahnya.

Kata Edi lagi, pihaknya melihat banyak perusahaan HGU perkebunan di Kota Subulussalam yang bermasalah dengan warga akibat saling klaim lahan, ini akibat tapal batas perusahaan yang tidak jelas dan penyelesaian ganti rugi yang tidak sepadan.

“Kita ingin Pemerintah Kota Subulussalam melahirkan investasi yang sehat dan betul-betul memberikan manfaat bagi daerah, selama ini kita melihat kewajiban perusahaan seperti flasma dan CSR belum jelas, ini membuktikan bahwa investasi di negeri ini hanya menguntungkan elit tertentu saja,” demikian Ketua Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) Perwakilan Kota Subulussalam, Edi Sahputra. [Alim]

Comments
To Top