Sosial

Peringati MoU Helsinki, Bendera Aceh Berkibar di Rumah Hamdan

Bendera Aceh Bulan Bintang Berkibar di Rumah Hamdan di Hari Damai Aceh, 15 Agustus 2017.

Foto | Arif

ACEHTERKINI.COM | Ada yang berbeda dalam memperingati Hari Perdamaian Aceh di Desa Gampong Baro, Kecamatan Setia Bakti, Kabupaten Aceh Jaya. Bendera Aceh Bulan Bintang berkibar di rumah milik Hamdan mantan Eks GAM Meureuhom Daya, Selasa (15/8/2017).

“Bagi saya Bendera Aceh bulan bintang ini dikibarkan hanya semata-mata untuk memperingati Hari Damai Aceh, tidak ada satu pihak pun yang memerintahkan agar Bendera Aceh yang mirip dengan Bendera GAM ini dikibarkan, ini inisiatif pribadi,” kata Hamdan.

“Saya tidak pernah mengibarkan bendera bulan bintang ini, kecuali hanya hari ini, Hari Damai Aceh, hari ditandatangani MoU Helsinki, perjanjian damai antara Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dengan Republik Indonesia, ini hanya untuk mengenang para pendiri perdamaian di Helsinki, 15 Agustus 2005 lalu,” kata eks GAM Meureuhom Daya ini.

Hamdan dikenal dekat oleh warganya dengan panggilan Cukhop (36). Ia mengatakan yang mengibarkan Bendera Aceh itu adalah anaknya yang berumur 3 tahun bernama Muhammad Zukram sekira pukul 08.30 wib.

“Ini hanya untuk mengenang Hari Damai Aceh,” kata Hamdan lagi.

Ia mengharapkan agar pemerintah tidak mensia-siakan anak-anak korban konflik dan eks GAM. Kesampingkan masalah politik dan selesaikan masalah konflik lebih dulu.

Beberapa jam kemudian, pihak keamanan TNI Polri langsung bergerak menuju rumah Hamdan dan mengamankan selembar Bendera Aceh yang berlambang bulan bintang itu ke Polsek Setia Bakti. [Arif]

To Top