Sosial

Pemerintah Irwandi Janji Bantu Rumah Warga Pusong

Pulau Pusong, Langsa

Foto | Panoramio

ACEHTERKINI.COM | Gubernur Aceh Irwandi Yusuf menyarankan agar Pemerintah Kota Langsa memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait kondisi kawasan Pusong yang kini hanya tersisa 3 kilometer persegi saja.

“Kawasan Pusong awalnya memiliki luas 14 kilometer persegi, saat ini hanya tersisa 3 kilometer persegi saja, ini mengindikasikan bahwa dalam beberapa tahun kedepan kawasan Pusong akan habis,” kata Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf usai melantik Usman Abdullah dan Marzuki Hamid sebagai Walikota dan Wakil Walikota Langsa, Senin (28/8/2017).

“Kita bangun tanggul seluas apapun di Pusong, tetap akan tergerus karena faktor pergeseran di dasar laut,” ujar Irwandi Yusuf.

Berdasarkan informasi, dalam 7 tahun ke depan kawasan Pusong akan berada di bawah air. “Saya menyarakan agar Walikota Langsa bersama seluruh instansi terkait untuk melakukan sosialisasi dan memberikan pemahaman terkait kondisi Pusong saat ini dan masa depan,” pesan Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf.

Irwandi mengatakan Pemerintah Aceh akan membantu pengadaan perumahan. Namun Pemerintah Kota Langsa juga harus menyediakan lahan dan rumah kepada keluarga yang selama ini tinggal di Pusong.

“Bersamaan dengan itu, Pemkot juga harus menyediakan lahan dan rumah kepada keluarga yang selama ini mendiami Pusong. Pemerintah Aceh akan membantu untuk pengadaan perumahan. Namun, kita tidak bisa memaksa masyarakat. Oleh karena itu, beri pemahaman terkait transmigrasi lokal. Segala prosesnya nanti tentu akan dibantu oleh Pemerintah Aceh dan pemerintah pusat,” demikian Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf. [Edi]

Comments
To Top