Ekonomi

Pemerintah Aceh Tidak Lagi Berikan Uang Baitul Asyi di Arab Saudi

Kakanwil Kemenag Aceh, Daud Pakeh

ACEHTERKINI.COM | Pemerintah Aceh akan membagikan dana Baitul Asyi kepada jamaah haji asal Aceh saat tiba di tanah air.

“Mulai tahun ini kita wacanakan uang Baitul Asyi dibagikan di Aceh bukan lagi di Arab Saudi seperti tahun-tahun sebelumnya,” kata Kepala Kanwil Kemenag Aceh, Daud Pakeh, Selasa (1/8/2017).

“Besarannya kita belum tahu, dana ini mulai dibagikan sejak tahun 2006 untuk jamaah asal Aceh,” kata Daud Pakeh saat menggelar konperensi pers terkait persiapan keberangkatan Jamaah Calon Haji di Asrama Haji.

Menurut Daud Pakeh pengalaman yang sudah-sudah begitu uang itu dibagikan di Arab Saudi, banyak jamaah yang menghabiskan uang itu untuk belanja, maka muncul wacana agar uang itu dibagikan begitu jamaah tiba di tanah air supaya perputaran uangnya di Aceh.

“Nanti jamaah haji asal Aceh pulang hanya membawa cek, jadi tidak membawa barang-barang yang bisa membuat bagasi pesawat penuh,” kata Daud Pakeh.

Ia menuturkan Pemerintah Aceh bersama panitia haji akan bertolak ke Arab Saudi pada 16 Agustus 2017 untuk membahas uang Baitul Asyi ini bersama Nazir.

“Inikan masih wacana, apakah uang itu dibagikan di Arab Saudi atau dibayar begitu jamaah tiba di Aceh, akan dibahas nanti, termasuk besaran uangnya,” kata Daud Pakeh.

Sebagaimana diketahui uang Baitul Asyi ini hanya diberikan kepada per jamaah haji asal Aceh. Baitul Asyi merupakan tanah wakaf Aceh yang dikelola lembaga wakaf Arab Saudi. Besaran uang Baitul Asyi yakni 1200 riyal atau setara dengan Rp4.065.600 jika satu riyal hari ini, Selasa (1/8/2017) Rp3.388. [Firman]

Comments
To Top