Ekonomi

PAD Aceh dari Pajak Kenderaan Rp328 Miliar

Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah

Dok. Aceh Terkini

ACEHTERKINI.COM | Penerimaan Asli Daerah (PAD) Provinsi Aceh dari Pajak Kenderaan Bermotor (PKB) cukup besar. Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah mengatakan pada tahun 2016, PAD Provinsi Aceh dari pajak kenderaan mencapai Rp328 miliar.

“Ini belum ditambah dengan Biaya Balik Nama Kenderaan Bermotor (BBNKB), tahun 2016 BBNKB Aceh mencapau Rp382 miliar,” kata Nova saat membuka Rapat Koordinasi Kasatlantas/ Kanitregident dan Kepala UPTD Kasie Pungutan Se-Aceh di Hotel Hermes Palace Banda Aceh, Senin (07/8/2017).

Nova mengajak masyarakat Aceh yang masih menggunakan plat provinsi lain agar mengonversikan ke plat BL, karena PKB dan BBNKB merupakan salah satu sektor yang paling besar memberikan masukan bagi modal pembangunan Aceh.

“Masih banyak masyarakat Aceh yang menunggak membayar pajak kendaraan dan masih ada ribuan kendaraan di Aceh yang masih menggunakan plat kendaraan dari Provinsi lain. Kita perlu mendorong masyarakat agar patuh membayar pajak kendaraannya, serta mengimbau warga Aceh yang masih menggunakan kendaraan dengan plat provinsi lain agar mengonversikannya ke plat BL,” kata Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah.

Untuk mendorong masyarakat agar patuh membayar pajak kendaraan kata Nova, Pemerintah Aceh telah memberikan beberapa kemudahan, salah satunya dengan menerbitkan Pergub Nomor 23 dan 24 Tahun 2017 tentang pembebasan/ keringanan PKB dan BBN-KB yang tertunggak. [Edi]

To Top