Lingkungan

Orangutan dari Babahrot Dievakuasi ke Jantho

Tim BKSDA dan SOCP Mengevakuasi Orangutan Sumatera yang masuk keun warga di Babahrot Abdya ke Jantho Aceh Besar, Jumat 11 Agustus 2017

Foto | BKSDA Aceh

ACEHTERKINI.COM | Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh bersama tim Sumatran Orangutan Conservation Project (SOCP) melakukan evakuasi Orangutan sumatera (Pongo abelli) dari Babahrot, Kabupaten Aceh Barat Daya ke Jantho, Kabupaten Aceh Besar pada Kamis (10/8/2017).

Kepala BKSDA Aceh, Sapto Aji Prabowo mengatakan, Orangutan itu dievakuasi karena masuk perkebunan sawit milik masyarakat di Krueng Hitam, Desa Cot Seumantok, Kecamatan Babahrot.

“Warga melapor adanya Orangutan yang masuk kebun kepada petugas Resort Konservasi Wilayah 8 Tapaktuan. Orangutan jenis kelamin jantan itu diperkirakan berusia 20 tahun,” kata Sapto.

Orangutan sumatera dievakuasi dari Babahrot ke Jantho, Aceh Besar, Jumat 11 Agustus 2017. [Foto | BKSDA Aceh]

BKSDA Aceh mencatat dari Januari hingga Agustus 2017 ini sudah enam Orangutan sumatera dievakuasi, ada yang masih di pusat rehabilitasi di Batumbelin, Sibolangit Sumatera Utara, ada yang direlease di TNGL dan Jantho.

“Kita evakuasi Orangutan itu karena masuk kebun warga, kalau nanti dianggap sebagai hama dan kemudian dibunuh, gimana? Maka kita evakuasi,” kata Sapto lagi.

Sapto menambahkan Orangutan dari Babahrot, Abdya ini dibawa ke Pusat Reintroduksi Orangutan Sumatera di Jantho Aceh Besar, pada Jumat 11 Agustus 2017, hari ini. Saat ini jumlah Orangutan yang direlease di Jantho, Aceh Besar sebanyak 100 ekor. [Firman]

To Top