Politik

Jufri Tidak Hadir, Sidang LKPJ Bupati Abdya Ditunda

Suasana Sidang Paripurna LKPJ Bupati Abdya di DPRK, Rabu 2 Agustus 2017

Foto | Rizal

ACEHTERKINI.COM | Sejumlah anggota DPRK Abdya kecewa dengan ketidakhadiran Bupati Aceh Barat Daya, Jufri Hasanuddin dalam Rapat Paripurna terhadap Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati tahun 2016, termasuk pembukaan LKPJ Akhir Masa Jabatan Bupati yang berlangsung di Aula DPRK, Rabu (2/8/2017).

Usai Ketua DPRK Zaman Akli membacakan tertib acara paripurna LKPJ tersebut, anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRK Zulkarnain melayangkan interupsi kalau setiap pelaksanaan paripurna, Bupati Abdya selalu menghindar dan jarang hadir.

“LKPJ ini adalah pertanggung jawaban bupati sendiri, kenapa harus diwakili, kalau tidak Wakil Bupati yang paling sering pak Sekda, harusnya beliau sendiri yang hadir untuk setiap tahapan LKPJ itu,” katanya.

Untuk itu, Zulkarnain meminta dibacakan kembali hasil laporan Banggar dan pemandangan umum anggota/fraksi pada saat Bupati Jufri sudah hadir dalam paripurna LKPJ-AMJ Bupati Abdya.

“Kita meminta DPRK harus merespon masalah ini, harusnya Bupati lebih fokus pada LKPJ AMJ bukan dengan keluar daerah atau agenda acara lain,” tambahnya.

Secara singkat, Sekda Abdya Drs Thamren, mengatakan kalau pihaknya telah diperintah oleh bupati untuk menghadiri paripurna tersebut.

“Informasi yang kita terima, saat ini Bupati Abdya Jufri Hasanuddin tengah menghadiri acara TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Kabupaten Aceh Jaya,” sebutnya singkat.

Disisi lain, Zul Ilfan anggota DPRK dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) meminta agar LKPJ diparipurnakan setelah hadirnya Bupati Abdya Jufri Hasanuddin. Jika mengacu pada aturan, LKPJ harus disampaikan oleh kepala daerah itu sendiri (bupati).

“Kalau kita tetap melanjutkan paripurna ini, berarti kita telah mengangkangi aturan yang berlaku,” tuturnya.

Ketua DPRK Zaman Akli selaku pimpinan rapat, menyetujui permintaan para anggota Banggar mengenai pembacaan kembali laporan dan pemandangan umum anggota/fraksi pada saat LKPJ-AMJ Bupati Abdya periode 2012-2017 yang akan berlansung tanggal 8 Agustus 2017 mendatang.

“Kita minta komitmen bupati untuk hadir dalam LKPJ – AMJ nanti, agar persoalan ini tidak terus berlarut-larut mengingat masa jabatan bupati akan berakhir,” pungkasnya.

Sebelum rapat paripurna LKPJ itu di skor, Nurdianto salah satu anggota DPRK Abdya dari Partai Demokrat dengan gentornya meminta kepada pimpinan rapat untuk menghadirkan Wakil Bupati Erwanto menggantikan Bupati Jufri yang tidak hadir dalam paripurna tersebut.

“Kalau Bupati tidak ada, harusnya Wakil Bupati yang hadir bukan Sekda. Jadi patut kita pertanyakan juga kemana Wakil Bupati apa ada di daerah atau memang sudah tidak ada,” ungkapnya.

Dengan nada sedikit nyeleneh, Nurdianto sempat meminta kepada tamu undangan yang hadir untuk memberitahukan dimana Wabup Erwanto berada sekarang.

“Jika di dalam forum ini ada yang tau posisi Wabup silahkan umumkan kepada pimpinan,” kata Nurdianto sempat mengundang tawa tamu lainnya. [Rizal]

Comments
To Top