Sosial

Jaringan Telkomsel di Pendopo Wakil Bupati Abdya Lelet

Suasana di Pendopo Wakil Bupati Aceh Barat Daya

Foto | Rizal

ACEHTERKINI.COM | Jaringan Internet Area Pendopo Wakil Bupati (Wabup) Aceh Barat Daya (Abdya) lelet. Untuk koneksi media sosial cukup sulit meskipun menggunakan paket berkapasitas besar.

Kondisi itu bukan hanya di area Pendopo Wakil Bupati saja, bahkan hampir semua area Gampong (Desa) Blang Padang, Kecamatan Tangan-Tangan, Kabupaten Abdya mengalami hal yang serupa.

“Kita sudah mencoba temui perwakilan Telkomsel di Abdya, namun belum ada jawaban yang resmi dari pihak mereka,” kata Arol Sejuta selaku staf khusus Wakil Bupati Abdya, Rabu (30/8/2017).

Pihaknya berharap, jaringan internet di kawasan Gampong Blang Padang, Kecamatan Tangan-Tangan dapat segera diperbaiki. Pasalnya, selama ini warga yang menggunakan smartphone android di wilayah tersebut selalu mengeluh dengan jaringan. Padahal kawasan Gampong Blang Padang tidak begitu terisolir dari areal pemancar jaringan yang ada di wilayah Kabupaten Abdya.

“Model jaringan yang sering timbul adalah EDGE, bukan 3G atau 4G. Sehingga untuk melakukan pengiriman foto atau tulisan yang berkarekter lebih banyak akan cukup sulit tersambung,” ujar Arol Sejuta yang juga bergelut dalam dunia LSM kemasyarakatan.

Lemahnya jaringan di kawasan itu juga turut dibenarkan Tokoh Pemuda Gampong Blang Padang, Zaifan. Menurutnya, kawasan tersebut perlu berdiri pemancar telkomsel agar jaringan tidak terlalu lelet.

“Kita berharap segera diatasi, karena kondisi seperti itu sudah cukup lama terjadi. Apalagi semua masyarakat disini mengeluhkan hal yang sama,” ungkapnya.

Zaifan mengaku tidak tau persis kepada siapa harus mengadukan hal tersebut. Kalau kepada pemerintah daerah terasa tidak mungkin. Soalnya, kediaman Wakil Bupati, Muslizar MT saja mengalami hal yang serupa.

“Jangankan kami, Pak Wabup saja bingung harus berbuat apa. Karena ini menyangkut dengan jaringan bukan persoalan lain yang mudah untuk segera ditangani,” ujarnya.

Untuk proses masalah ini, lanjut Zaifan, pihak terkait terutama dari PT Telkomsel perlu melakukan survey lokasi mana saja yang masih lemah jaringan.

“Sejauh ini saya belum menemukan keluhan yang sama seperti Gampong Blang Padang di sejumlah desa lainnya. Baik desa yang ada di Kecamatan Tangan-Tangan maupun kecamatan-kecamatan lainnya dalam Kabupaten Abdya,” kata Zaifan singkat. (Rizal)

To Top