Hukum

H. Zainal Ditangkap, PT Asdal Dibakar Massa

Kantor dan Fasilitas PT. Asdal di Subulussalam Dibakar Massa, Rabu (2/8/2017)

Foto | Alim

ACEHTERKINI.COM | Ratusan massa yang tergabung dari beberapa desa di Kecamatan Sultan Daulat membakar sejumlah fasilitas Perusahaan Kebun Kelapa Sawit milik PT. Asdal Prima Lestari, Rabu (2/8/2017).

Kejadian itu sekitar pukul 22.30 wib, dimana ratusan massa mendatangi area perkantoran PT Asdal. Akibatnya, delapan unit kendaraan roda empat milik perusahaan hangus terbakar, dan enam unit rusak ringan karena dihujani batu oleh massa.

Tak hanya kendaraan yang menjadi amukan massa, empat titik bangunan juga rata dengan tanah termasuk kantor utama perusahaan dan satu gudang bahan bakar minyak juga rata dibakar massa.

Pembakaran fasilitas PT. Asdal itu berawal pihak Kejaksaan Negeri Aceh Selatan menangkap salah seorang tokoh masyarakat Desa Sigrun Kecamatan Sultan Daulat yang bernama H Zainal.

H Zainal ditangkap setelah divonis Pengadilan Negeri Aceh Selatan 1 tahun penjara pada tahun 2016 lalu karena terbukti menyerobot lahan di area HGU PT Asdal.

Tak terima tokohnya di tangkap, ratusan massa langsung mendatangi perkantoran PT Asdal dan langsung melakukan aksi pembakaran sejumlah fasilitas.

Kapolres Aceh Singkil AKBP Ian Rizkian Milyardin kepada wartawan dilokasi kejadian mengatakan, kejadian itu berawal adanya seorang tokoh masyarakat yang bernama H Zainal ditangkap oleh pihak Kejaksaan Negeri Aceh Selatan sesaat pulang shalat isya dari masjid. Lalu, penangkapan itu dihembuskan bahwa H Zainal telah diculik.

“Massa pada saat itu langsung menuju area perkantoran perusahaan dan melakukan aksi pembakaran,“ kata Kapolres Ian Rizkian.

Saat ini, kata Kapolres pihaknya bekerjasama dengan Polres Aceh Selatan tengah menyelidiki kasus tersebut. karena lokasi kejadian sebagian masuk dalam wilayah Aceh Selatan yang berbatasan dengan Kota Subulussalam.

“Masih kita lakukan pendalaman terkait permasalahan ini,” ujar Kapolres Aceh Singkil. [Alim].

To Top