Sosial

Dituduh Tidak Musyawarah, Pj. Geuchik: Proyek Desa Harus Transparan

Antoni, Pj. Geuchik Mon Mata, Kecamatan Krueng Sabee, Kabupaten Aceh Jaya

Foto | Arif

ACEHTERKINI.COM | Pj. Geuchik (Red- Kepala Desa) Mon Mata, Kecamatan Krueng Sabee, Kabupaten Aceh Jaya, Antonie menegaskan semua proyek yang dilakukan di desa harus dilakukan secara transparan.

“Semua proyek harus diumumkan melalui pemasangan pamlet di lokasi proyek, tujuannya agar semua masyarakat tahu berapa biaya, siapa pelaksana dan kapan selesai proyek tersebut,” kata Antonie menyikapi adanya tudingan pelaksanaan proyek tidak dilakukan secara musyawarah.

Kepada acehterkini, Antonie menjelaskan semua sudah sesuai dengan aturan. Musyawarah dilakukan dua kali dengan melibatkan semua aparatur gampong, mulai dari pemuda, tuhapeut dan tokoh masyarakat.

“Semuanya kita undang, memang ada satu dan dua orang yang tidak hadir sehingga muncullah tudingan tersebut, seperti proyek toko desa dan pekerjaan lainnya. Minggu ini kita pasang pamletnya,” kata Antonie, Kamis (24/8/2017).

Sebelumnya sejumlah pemuda dan Tuha Peut Desa Mon Mata menyesalkan pihak geuchik dan aparaturnya tidak melakukan musyawarah dalam menjalankan pembuatan proyek toko desa.

Hardin, Ketua Pemuda Gampong Mon Mata mengaku pembangunan toko desa dan balai PKK yang saat ini sedang dikerjakan tanpa melalui musyawarah kembali untuk pembuatannya.

“Memang pernah ada musyawarah, tapi pada saat proyek mau dilaksanakan sudah tidak lagi musyawarah,” kata Hardin.

Menurut Hardin, pembangunan toko desa itu tidak dipermasalahkan, memang itu target pembangunan desa. Tetapi paling tidak ada musyawarah dari pihak aparatur baik dengan pemuda maupun juga tuha peut saat proyek tersebut baru akan dilaksanakan.

Bustami, selaku Tuha Peut Gampong Mon Mata juga menuturkan hal yang sama dengan Hardin.

Menurut Bustami musyawarah untuk pelaksanaan proyek tersebut tidak ada. Seharusnya dimusyawarahkan sebelum proyek itu dilaksanakan. Berapa dana desa yang sudah keluar, dan apa saja yang akan dibangun. Ini harus transparan. [Arif]

To Top