Ekonomi

Di Banda Aceh, Harga Daging Sapi Rp150.000 Per Kilogram

Pedagang Daging di Pasar Ulee Kareng, Banda Aceh. Kamis (31/8/2017).

ACEHTERKINI.COM | Harga daging sapi menjelang Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriah di Kota Banda Aceh pada Kamis (31/8/2017) mencapai Rp150.000 per kilogram. Muslem, penjual daging di Pasar Ulee Kareng mengatakan, hari biasa Rp130.000 per kilogram, kalau hari meugang ini sudah Rp150.000 per kilogram.

“Harga Sapi per ekor memang tinggi daripada hari-hari biasa, harga ini juga sangat tergantung permintaan. Kalau masih bertahan sampai sore, harganya bisa lebih murah lagi Rp130.000 per kilogram,” kata Muslem., Kamis (31/8/2017).

Menurut Muslem daya beli masyarakat terhadap daging menjelang Hari Raya Idul Adha 1438 hijriah cukup ramai.
Sementara itu Yah Mu, panggilan akrab pedagang ayam di Pasar Ulee Kareng mengatakan, harga ayam kampung sama dengan harga satu kilo daging sapi. “Kami jual ayam kampung Rp150.000 per ekor ukuran sedang,” kata dia.

Kemarin, Wakil Walikota Banda Aceh, Zainal Arifin memberikan apresiasi kepada pedagang daging karena menjelaskan secara jujur kepada pembeli. Daging yang dijual juga dalam kondisi segar dan berkualitas bagus.

“Pedagang mau menjelaskan kepada masyarakat mana daging impor dan mana daging sapi Aceh, ini kita apresiasi karena pedagang daging sudah jujur,” kata Zainal Arifin saat meninjau Pasar Peunayong, Rabu (30/8/2017).

“Soal harga, kita tentu berharap para pedagang dapat mematok harga yang terjangkau bagi masyarakat. Pantauan kita hari menjelang Hari Raya Idul Adha 1438 H, memang ada sedikit kenaikan harga daging sapi lokal. Jika pada hari-hari biasa Rp 130 ribu per kilogram, hari ini harganya Rp 150 ribu per kilogram,” tuturnya.

Meskipun Zainal tidak mengharapkan adanya kenaikan harga, tapi di satu sisi dapat membantu para peternak lokal maupun penjual dalam menyambut hari raya. “Apalagi kenaikan harga ini hanya terjadi pada momen-momen tertentu saja, seperti pada hari meugang menjelang hari raya,” kata Wakil Walikota Banda Aceh. [Edi]

To Top