Lingkungan

Danposal Abdya: Laut Bukan Tempat Membuang Sampah

Komandan Pos TNI Angkatan Laut (Danposal) Aceh Barat Daya (Abdya), Letda Laut (T) Ajat Sutrajat

Foto | Rizal

ACEHTERKINI.COM | Komandan Pos TNI Angkatan Laut (Danposal) Aceh Barat Daya (Abdya), Letda Laut (T) Ajat Sutrajat, mengajak masyarakat di kabupaten setempat untuk menjaga kebersihan laut, pantai dan sungai agar tidak dicemari dengan berbagai jenis sampah sehingga membuat lingkungan sekitar menjadi kotor.

Katanya, laut bukanlah tempat pembuangan sampah. Justru sampah yang ada harus dibersihkan, perihal ini merupakan tindak lanjut surat telegram Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar).

“Pimpinan TNI AL, berkeinginan agar TNI AL menjadi garda terdepan untuk mengkampanyekan program kebersihan sungai, pantai dan laut,” kata Letda Ajat usai pembersihan pantai di Komplek PPI Ujung Serangga, Kecamatan Susoh, Selasa (22/8/2017).

Pembersihan pantai ini harus dikerjakan secara rutinitas, sehingga kebersihannya akan terus terawat terjaga dengan bersih. Banyak pantai di Abdya yang perlu dijaga keindahannya, seperti Pantai Jilbab, Cemara Indah, Bali, Ujung Manggeng dan sejumlah lokasi lainnya sudah menjadi sarana obyek wisata bahari serta kerap dikunjungi para wisatawan.

“Akibat membuang sampah ke laut justru merusak ekosistem dan biota laut untuk berkembang. Jadi, mari kita kampanyekan di lingkungan dan tempat tinggal kita untuk tidak membuang sampah plastik sembarangan. Tanam rasa cinta menjaga lingkungan agar tetap bersih,” tuturnya.

Terakhir, Letda Ajat mengatakan, sampah-sampah yang berserakan itu ditampung dalam kantong-kantong plastik, termasuk sampah yang mengapung di laut. Setelah terkumpul sampah itu dibuang ke tempat pembuangan akhir yang berada di kawasan Desa Iku Lhueng, Kecamatan Jeumpa.

Selain itu, kegiatan bersih-bersih tersebut juga sebagai upaya khususnya TNI AL terutama dalam hal memiliki rasa kepedulian yang tinggi terhadap kebersihan lingkungan baik itu lingkungan tempat tinggal maupun lingkungan kerja.

Tambahnya, kondisi laut termasuk sungai di Abdya khususnya sangat mengkhawatirkan yang disebabkan aktivitas pembuangan sampah oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. Maka dari itu, rutinitas membersihkan sampah harus dipertahankan, sehingga wilayah Abdya bebas dari sampah dan penyakit.

Amatan di lapangan, kegiatan bersih-bersih itu turut ikut serta Wakil Bupati Abdya, Muslizar MT, personil Kodim 0110/Abdya, Polres Abdya, RAPI, SAR, BPBK Abdya, Dinas Perkim LH Abdya serta sejumlah perwakilan BUMN dan organisasi pemuda. (Rizal)

To Top