Sosial

Dandim Ajak Siswa di Abdya Jauhi Narkoba

Dandim Abdya, Letko Puji Hartono Memberikan Materi Wawasan Kebangsaan di SMAN 3 Aceh Barat Daya

Foto | Rizal

ACEHTERKINI.COM | Komandan Kodim 0110/Aceh Barat Daya (Abdya) Letkol Inf Puji Hartono SIP mengajak siswa SMA di kabupaten setempat untuk menjauhi Narkoba. Dimana, banyak informasi yang berkembang kalau narkoba sudah merasuki kawanan pelajar di sejumlah sekolah bahkan ikut menjadi kurir.

“Awalnya, narkoba akan diberikan secara gratis oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Selanjutnya baru akan dibebankan biaya hingga mencapai ratusan ribu rupiah untuk sekali penggunaan seperti jenis sabu-sabu dan lainnya,” kata Dandim Puji saat menjadi Inspektur Upacara sekaligus menjadi pemateri Wawasan Kebangsaan di Lapangan Serbaguna, SMA Negeri 3 Abdya, Senin (7/8/2017).

Narkoba akan menciptakan seseorang untuk berbuat kriminal, mulai dari mencuri hingga harus membunuh. Kemudian bagi pemakai narkoba juga berujung pada kematian. “Sudah tercela di dunia juga akan mendapat ganjaran di akhirat,” tutur Dandim Puji dihadapan 470 siswa SMA setempat.

Disamping itu, Dandim Puji juga menanamkan kepada siswa untuk mencintai tanah air, berbudi luhur serta menjaga kesatuan dan persatuan Negara Republik Indonesia. Caranya, para siswa harus rajin belajar hingga mampu mengukir prestasi yang gemilang untuk mengharumkan nama bangsa.

Siswa merupakan generasi penerus bangsa. “Masa sekarang akan berbeda dengan yang akan datang. Maka dari itu, ayo kita sama-sama memberikan yang terbaik untuk negeri ini,” ujarnya.

Lebih lanjut, Dandim menghimbau siswa untuk selalu patuh dan menghargai guru layaknya orang tua sendiri. “Jika kita menghargai guru, kelak kita juga akan dihargai oleh orang lain. Karena segala ilmu yang diberikan guru akan bermanfaat untuk diri kita. Sebaliknya, yang tidak menghargai akan menjadi seseorang yang tidak berguna hingga terjerumus pada keburukan,” paparnya.

Amatan dilapangan, saat para siswa sedang larut mendengarkan materi wawasan kebangsaan yang disampaikan Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Puji Hartono. Sejumlah guru didampingi salah satu personel TNI dan Polsek Susoh melakukan pemeriksaan terhadap tas siswa yang kemungkinan memiliki barang haram tersebut. Namun, hingga selesai dilakukan pemeriksaan satu persatu tas tidak ada satupun yang kedapatan memiliki narkoba. yang ada cuma bungkusan rokok.

“Bagi siswa yang memiliki rokok tersebut akan kita surati orang tuanya untuk diingatkan agar tidak membawa rokok ke sekolah. Karena pelajar itu dilarang untuk merokok, sebab pengaruhnya akan berdampak pada penggunaan narkoba teruma jenis ganja,” kata Kepala SMA Negeri 3 Susoh, Drs Rina S singkat. (Rizal)

To Top