Lingkungan

BKSDA Sita Orangutan dari Warga Aceh Timur

BKSDA Aceh SIta Orangutan Sumatera dari Warga Aceh Timur, Jumat 4 Agustus 2017

BKSDA Aceh

ACEHTERKINI.COM | Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh bersama Tim Orangutan Information Center (OIC) menyita satu ekor Orangutan sumatera (Pongo abelli) jenis kelamin betina dari Mursalin (37) warga Dusun Reformasi, Desa Paya Ketapang, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Aceh Timur, Jumat (4/8/2017).

Kepala BKSDA Aceh, Sapto Aji Prabowo, Sabtu (5/8/2017) mengatakan, Orangutan yang berhasil disita itu berumur 6 tahun. Orangutan itu dipelihara selama 2 tahun dalam kondisi cukup memprihatinkan karena terus menerus di rantai.

“Tim yang dipimpin Suparman, Polhut Resort KSDA Langsa harus berjalan kaki sejauh 5 kilometer di bawah guyuran hujan dan jalan yang berlumpur untuk mencapai lokasi,” kata Sapto.

Setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan awal, Orangutan yang disita itu dikirim ke Pusat Rehabilitasi Orangutan Sumatera di Sibolangit, Sumatera Utara untuk menjalani rehabilitasi.

Setelah direhabilitasi, kata Sapto Orangutan itu nantinya akan dilepasliarkan kembali di lokasi pelepasliaran Orangutan Sumatera di Jantho, Kabupaten Aceh Besar. [Firman]

To Top