Lingkungan

Banda Aceh Baru Miliki 13,2 Persen Ruang Terbuka Hijau

Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman

ACEHTERKINI.COM | Kota Banda Aceh baru memiliki 13,2 persen Ruang Terbuka Hijau (RTH) publik dari 20 persen yang diamanatkan oleh undang-undang.

Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman mengatakan,ada 6 persen lagi yang harus diwujudkan sehingga warga kota dapat menikmati kota yang sejuk dan indah.

“Saat ini Banda Aceh baru memiliki 13,2 persen dari 20 persen Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang diharuskan, artinya ada 6 persen lagi yang harus diwujudkan,” kata Aminullah saat membuka sosialisasi tata ruang kota Banda Aceh tahun 2017, di Hotel Grand Permata Hati, Blang Oi, Selasa (8/8/2017).

Sebagai ibukota Provinsi Aceh, kata Aminullah, Banda Aceh yang menjadi pusat pemerintahan, pusat perdagangan dan jasa dan pariwisata tidak luput dari pengaruh urbanisasi, sehingga diperlukannya perhatian serius dalam menata kota kearah yang lebih baik lagi.

Untuk diketahui Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007, pasal 29 mengamanatkan bahwa proporsi ruang terbuka hijau privat pada wilayah kota paling sedikit 30 persen dari luas wilayah kota.

Kemudian proporsi ruang terbuka hijau publik pada wilayah kota paling sedikit 20 persen dari luas wilayah kota.
Penyediaan dan Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau di kawasan perkotaan ini mengacu Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 05/PRT/M/2008. [Edi]

To Top