Sosial

Awal Bertugas, Bupati Akmal Musnahkan Ganja

Bupati Abdya bersama unsur Muspida Musnahkan Barat Bukti Ganja di Mapolres setempat, Selasa 15 Agustus 2017

Foto | Rizal

ACEHTERKINI.COM | Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) Akmal Ibrahim yang baru saja dilantik, Senin (14/8/2017) kemarin, diajak musnahkan barang bukti ganja kering seberat 40 kilogram di Mapolres Abdya, Selasa (15/8/2017).

Akmal Ibrahim mengatakan, kasus narkoba di Abdya merupakan persoalan serius. Sebab, selama ini penyalahgunaan barang haram itu telah mencapai tingkat yang meresahkan.

“Persoalan narkoba ini merupakan tugas besar yang harus diemban secara bersama. Sebab, masalah narkoba tidak hanya menjadi tanggung jawab polisi, TNI atau pemerintah saja. Akan tetapi menjadi tanggung jawab dan kewajiban seluruh elemen masyarakat termasuk para ulama,” kata dia.

“Ini tugas pertama saya dilantik untuk memusnahkan narkoba di halaman Mapolres Abdya. Saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk memerangi narkoba, termasuk para pengedar dan pemakainya,” ujar Akmal di Mapolres Abdya.

Secara pribadi, Akmal mengaku khawatir dan resah melihat geliat peredaran narkoba yang tidak memandang umur. Terbukti, pengguna narkoba akhir-akhir ini tidak hanya dari kalangan dewasa saja, namun telah merasupi kalangan mahasiswa dan pelajar.

“Semua pihak termasuk orang tua, guru, dan masyarakat harus turut berperan aktif dalam mewaspadai ancaman narkoba terhadap anak-anak. Kita berharap narkoba akan terus berkurang di Abdya,” tuturnya singkat.

Sementara itu Kapolres Abdya, AKBP Andy Hermawan SIK MSc menyebutkan, tahun 2016 pihaknya berhasil mengungkapkan serta menyelesaikan 23 kasus narkoba.

“Sedangkan di tahun 2017 dalam tahap penyelidikan telah mencapai 15 kasus. Kondisi tersebut merupakan sebuah peningkatan yang mengkhawatirkan serta membahayakan generasi muda,” ujar Kapolres.

Seperti baru-baru ini karena kecurigaan serta adanya laporan masyarakat terhadap orang yang tak dikenal. Jajaran Polres Abdya berhasil menciduk MR (23) warga Desa Kuta Lintang, Kecamatan Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues dan AR (27) warga Desa Rereba, Kecamatan Tripe Jaya, Gayo Lues yang merupakan tersangka pengedar narkoba. Dari kedua tersangka, polisi berhasil mengamankan ganja kering seberat 43 kilogram yang dibawa menggunakan mobil pick-up.

“Ganja kering itulah yang dimusnahkan hari ini. Kami harapkan dukungan penuh dari masyarakat Abdya agar peredaran narkoba di Abdya semakin sempit,” harap Kapolres Abdya AKBP Andy Hermawan.

Proses pemusnahan ganja kering itu, disaksikan Ketua DPRK Abdya, Zaman Akli beserta anggota, Dandim 0110/Abdya, Letkol Inf Puji Hartono SIP, Kajari Blangpidie Abdur Kadir SH MH, Ketua Pengadilan Negeri Tapaktuan, Zulkarnain, Kepala BNNK Aceh Selatan, Nuzulian Z, Kepala Lapas Kelas III Blangpidie, Erwin Siregar, Ketua MPU, Abu Dahlan dan sejumlah pejabat Polda Aceh, kepala satuan kerja perangkat kabupaten (SKPK), mahasiswa hingga siswa SLTA. (Rizal)

To Top