internasional

Arab Saudi Siapkan 16 Ribu Kantong Darah untuk Musim Haji

Gambar Ilustrasi

ACEHTERKINI.COM | Lebih dari 16 ribu kantong darah disiapkan khusus untuk musim haji. Dilansir Arab News, Ahad (27/8), Kementerian Kesehatan menyampaikan unit-unit darah ini bisa digunakan untuk kebutuhan medis jamaah.

Kementerian menjelaskan darah tersebut merupakan hasil donor yang sudah melalui pemeriksaan dan pengawasan ketat. Darah selanjutnya didistribusikan ke setiap unit medis di situs-situs suci.

Kementerian menegaskan bahwa darah yang terkumpul bebas dari penyakit-penyakit menular dan relevan dengan rencana medis di Makkah juga Madinah. Semuanya sudah disesuaikan dengan standar internasional, termasuk dalam distribusi.

Kementerian menyampaikan telah belajar dari pengalaman-pengalaman di masa lalu. Distribusi meliputi ke sembilan rumah sakit di Makkah, empat di Arafah dan empat di Mina. Semua lokasi ini sudah dilengkapi dengan kebutuhan medis seperti pakar, tim teknis, hingga obat.

Sebelumya, darah dikumpulkan dari 17 wilayah dan pemerintahan, juga 27 sektor publik, swasta dan militer. Donor darah tersebut akhirnya bisa menghimpun hingga 16 ribu unit kantong darah. Dua kendaraan dan lima tim dikerahkan untuk memfasilitasi proses donor. Tim juga dilengkapi ambulans, peralatan transfusi dan peralatan medis lain yang bisa merespons kasus-kasus darurat.

Republika

To Top