Sosial

95 Keluarga Miskin di Abdya Terima Rumah Sehat Sederhana

Kepala Dinas Sosial Menyerahkan Rumah Sehat Sederhana kepada Keluarga Miskin di Abdya, Kamis (3/8/2017)

Foto | Rizal

ACEHTERKINI.COM | Sebanyak 95 keluarga miskin di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menerima rumah sehat sederhana (RSS) dari Pemerintah Kabupaten Abdya melalui Dinas Sosial setempat yang berlangsung secara simbolis di Kantor Dinas Sosial, Kamis (3/8/2017).

Plt Kepala Dinas Sosial Abdya, Amrizal menyebutkan, ada tiga titik lokasi RSS yang diserahkan kepada keluarga miskin dalam tahun ini, masing-masing di Desa Alue Dawah, Kecamatan Babahrot 31 unit, Desa Mon Mameh, Kecamatan Setia sebanyak 31 unit dan Desa Tokoh II, Kecamatan Lembah Sabil 33 unit.

Keseluruhan jumlah rumah tersebut, akan diserahkan kepada keluarga yang memiliki kriteria seperti, bukan berstatus pegawai negeri aktif atau pensiun, tidak memiliki rumah dan masih tinggal di tempat mertua atau masih menyewa rumah, tidak memiliki asset tanah dan kebun, kepala keluarga yang tidak memiliki pekerjaan tetap dan tidak dapat memenuhi kebutuhan pokok layak, juga dalam kehidupan sehari-hari masih memerlukan bantuan untuk pemenuhan kebutuhan dasar.

“Rumah bantuan itu dibangun dengan anggaran tahun 2016 lalu, secara simbolis hari ini kita serahkan kepada keluarga yang layak sebagai penerima,” kata Amrizal.

Sementara itu, Sekda Abdya Drs Thamren, meminta kepada keluarga yang mendapatkan RSS itu untuk merawat dan menjaga dengan baik rumah tersebut, jangan sampai di alih fungsikan.

“Jika dalam sebulan setelah diserahkan penerima tidak menempati, maka akan dialihkan ke penerima lainnya. Karena masih ada warga yang belum memiliki rumah,” ungkapnya dihadapan penerima RSS.

Lanjut Thamren, penerima rumah akan membuat pernyataan tertulis tentang aturan menerima bantuan rumah, dan jika ketentuan itu tidak dipatuhi, maka Pemkab Abdya berhak menarik kembali dan diserahkan kepada orang lain yang layak menerima.

“Dalam program RSS ini, kita telah membangun sebanyak 606 unit di Abdya dengan perincian, tahun 2013 sebanyak 115 unit, tahun 2014 sebanyak 200 unit, tahun 2015 sebanyak 165 unit dan tahun 2016 sebanyak 126 unit yang kita bagikan sekarang ini,” demikian sebutnya. (Rizal).

Comments
To Top