Sosial

63 Persen Jamaah Calon Haji Aceh Beresiko Tinggi

Jamaah Haji Aceh

Foto | Kemenag Aceh

ACEHTERKINI.COM | Sebanyak 2.802 orang Jamaah Calon Haji (JCH) asal Embarkasi Aceh atau 63 persen dari 4.475 orang jumlah total JCH Aceh tahun 2017 beresiko tinggi. Hal tersebut diketahui dari data terakhir Kementerian Agama Provinsi Aceh setelah Kloter XI atau Kloter terakhir berangkat ke tanah suci, Sabtu 26 Agustus 2017 pukul 06.00 wib.

Kepala Humas dan Penerangan PPPIH Embarkasi Haji, Rusli. Lc menyampaikan dari 4.475 jumlah keseluruhan JCH asal Aceh itu, 12 orang tidak berangkat ke tanah suci karena sakit dan meninggal dunia.

“Jadi jumlah jamaah yang berangkat ke tanah suci Embarkasi Aceh sebanyak 4.463 orang,” kata Rusli kepada acehterkini, Sabtu (26/8/2017).

Jamaah yang tertua berasal dari Kabupaten Aceh Utara di Kloter VII, bernama Ramansyah Bin Abu Hasan berusia 91 tahun. Sedangkan yang termuda bernama Paras Mailanty Binti Muhammad Yusuf, dan Mita Rezekina Utami Binti Bustami, 17 tahun di Kloter VII dan Kloter III, asal Kota Lhokseumawe dan Kabupaten Aceh besar.

Sebelumnya Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Daud Pakeh mengimbau Jamaah Calon Haji (JCH) Embarkasi Aceh banyak mengkonsumsi buah dan minum air putih. Cuaca di Makkah, Arab Saudi mencapai 44 derajat celcius.

Menteri Kesehatan RI, Nila F. Moeloek juga mengingatkan hal yang sama. Dikatakan Nila, selain mengkonsumsi makanan yang sehat dan minum air putih, jamaah diminta istirahat yang cukup.

“Biasakan pola hidup sehat, makan dan minum serta istirahat yang cukup dan hindari berswafoto dengan unta,” pesan Nila F Moeloek. [Firman]

To Top