Sosial

Volume Sampah di Kota Banda Aceh 200 Ton Per Hari

Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman bersama Warga di TPA Gampong Jawa, Rabu (12/7/2017).

ACEHTERKINI.COM | Setiap hari volume sampah yang dikumpulkan dari warga Kota Banda Aceh sebanyak 200 ton per hari. Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman mengatakan volume sampah di Banda Aceh itu di buang di TPA Blang Bintang dan TPA Gampong Jawa.

“Volume sampah di Banda Aceh mencapai 200 ton per hari. Yang mampu kita angkut ke TPA Regional di Blang Bintang hanya 68 ton per hari. Artinya setiap harinya ada 132 ton yang harus menumpuk di TPA Gampong Jawa, ini yang harus kita carikan solusi,” kata Aminullah, saat meninjau TPA Gampong Jawa, Rabu (12/7/2017).

“Saya akan carikan solusinya dengan terus melakukan komunikasi dengan pemerintah provinsi dan pusat serta BUMN dan pihak swasta agar dana CSRnya bisa dimanfaatkan untuk mengatasi persoalan sampah di Banda Aceh,” ujar Aminullah Usman.

Sambil menunggu komitmen dari provinsi dan pemerintah pusat, BUMN dan pihak swasta, Aminullah Usman menyampaikan target awal dalam mengatasi sampah mulai dari tingkat gampong, sehingga Kota Banda Aceh akan terlihat lebih bersih.

“Kita targetkan Kota Banda Aceh bersih dulu dari sampah, kemudian kita terus mencarikan solusi penampungan sampah di TPA yang terus menumpuk,” ungkapnya.

Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan membentuk program polisi sampah, patrol sampah dan mengefektifkan informasi sampah, program ini akan kita luncurkan dalam waktu dekat,” demikian Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman.[Edi]

To Top