Sosial

TMMD Buka Akses Antar Desa di Gayo Lues

Kegiatan Fisik Pembangunan Jalan Dalam Rangka TMMD ke-99 di Gayo Lues

Foto | Istimewa

ACEHTERKINI.COM | Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) membuka akses antar desa guna membantu kegiatan pencapaian swasembada pangan di Kabupaten Gayo Lues. Hal tersebut disampaikan Bupati Gayo Lues, Ibnu Hasyim, Jumat (14/7/2017).

Kegiatan TMMD ke-99 di Kabupaten Gayo Lues dibuka 4 Juli 2017 yang dipusatkan di Desa Badak, Kecamatan Dabun Gelang.

Program TMMD dapat mempercepat proses pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah dan memperkokoh kemangunggalan TNI dengan rakyat.

Bupati Gayo Lues, Ibnu Hasyim mengatakan kegiatan TMMD di Gayo Lues dapat membuka isolasi antar desa dan membantu kegiatan swasembada pangan dan akan meningkatkan roda perekonomian.

Program TMMD telah berlangsung selama 36 tahun, dan hasil kegiatan telah semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Keberadaan TNI untuk membangun sarana prasarana dan infrastruktur di wilayah yang membutuhkan bantuan masih sangat relevan dan sekaligus membantu pemerintah untuk mengimplementasikan pemberdayaan masyarakat.

Adapun program TMMD Kodim 0113/Gayo Lues ke-99 meliputi kegiatan fisik yang mengutamakan pembangunan sarana dan prasarana fasilitas umum lain yang menjadi kebutuhan masyarakat untuk dapat membuka isolasi antar desa serta membantu lancarnya kegiatan pencapaian program swasembada pangan.

Kegiatan fisik yang dimaksud adalah pembukaan jalan uwer-uwer sepanjang 6,5 kilometer yang menghubungkan antara Kacang Minyak menuju Uwer-Uwer Kecamatan Dabun Gelang Kabupaten Gayo Lues dan Pembuatan jembatan yang mana saat ini masih dalam tahapan proses atau pengerjaan.

Selain itu juga dilakukan pembuatan Jamban untuk warga dengan pengerjaan yang dilakukan oleh TNI.

Sedangkan non fisik lebih mengutamakan penyuluhan tentang kesadaran berbangsa dan bernegara, kesadaran bela Negara dan cinta tanah air, pengetahuan masyarakat di bidang pertanian pengetahuan di bidang hukum.

Dansatgas TMMD ke–99, Dandim 0113/Gayo Lues Letkol Inf M Faizal Nasution, Jumat (14/7/2017) menyampaikan kegiatan TMMD ini juga bertujuan untuk membantu Pemerintah Kabupaten Gayo Lues dalam pembangunan dan Infrastruktur guna meningkatkan kesejahteraan masyarakaat di pedesaan.

“Kegiatan TMMD ini berkaitan langsung dengan masyarakat sehingga selain dilakukannya pembangunan dalam segi infrastruktur di Desa Badak juga dapat mewujudkan desa dengan Sumber Daya Manusia yang berkualitas baik dan berpotensi dalam segala bidang,” ujar Dandim 0113 Gayo Lues.

Comments
To Top