Peristiwa

Tiga Hektar Lahan Warga di Lembah Sabil Terbakar

Tiga Hektar Lahan Terbakar di Kecamatan Lembah Sabil, Aceh Barat Daya, Aleuhat (30/7/2017)

Foto | Rizal

ACEHTERKINI.COM | Sedikitnya tiga hektar lahan milik warga di Desa Kayee Aceh, Kecamatan Lembah Sabil, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mengalami kebakaran hebat, Aleuhat (30/7/2017) sekitar pukul 13.30 wib.

Api dengan mudah menghanguskan berbagai macam tanaman yang tumbuh di lahan tersebut, apalagi kondisi musim kemarau. Didalam lahan terdapat tanaman seperti pinang, cengkeh dan jengkol hangus terbakar.

“Banyak yang kering didalam lahan itu, sehingga cukup mudah terbakar,” kata Asri salah satu warga dilokasi kejadian.

Pihaknya bersama warga lainnya, terus berupaya memadamkan api menggunakan ember dan sejenisnya dengan memanfaatkan air dari sumur rumah warga.

“Begitu kita melihat api semakin besar, warga lainnya terus berbondong-bondong untuk memadamkan api,” tuturnya.

Secara singkat Kapolsubsektor Lembah Sabil Aipda Taufik Rico, kepada wartawan, mengaku sudah mensosialisasikan kepada warga untuk tidak membakar lahan pada saat musim kemarau.

Pihaknya cukup khawatir, karena lokasi lahan yang terbakar itu hanya hitungan meter dengan pemukiman warga.

“Kita sudah meminta warga untuk segara melaporkan kepada kami jika ada yang sengaja melakukan pembakaran lahan,” ungkapnya.

“Kita berterima kasih kepada warga yang telah membantu memadamkan api, kami mengingatkan jika ada yang mencoba membakar lahan lagi akan kita tindak tegas sesuai dengan pasal 78 ayat 3,4 undang-undang nomor 41 tahun 1999 tentang barang siapa dengan sengaja membakar hutan maka akan dipidana 15 tahun penjara atau denda 15 miliar,” ujarnya singkat.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (Abdya) Amiruddin yang dihubungi wartawan, membenarkan adanya kebakaran lahan di Kecamatan Lembah Sabil. Pihaknya sudah mengerahkan armada Damkar sebanyak dua unit untuk memadamkan api.

“Kita agak sedikit sulit menjangkau ke lokasi, karena akses jalan yang terlalu sempit, tapi bersama warga kita terus melakukan pemadaman,” ujarnya.

Saat ini, tambah Amir, personel BPBK tengah berupaya melakukan pemadaman. Beberapa kali pihaknya sudah berupaya menghimbau warga untuk tidak mambakar lahan sembarangan, apalagi sedang dalam musim kemarau. Malahan dalam sebulan ini ada beberapa kebakaran lahan terjadi di Abdya.

“Kita berharap warga bisa bekerja sama dan saling menjaga,” tambah Amir singkat. (RiZal).

Comments
To Top