Lingkungan

Sumbang Polusi, Warga Minta PMKS PT. Socfindo Dipindahkan

Foto | Jamaluddin

ACEHTERKINI.COM | Warga Desa Gunung Lagan, Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil meminta agar Pabrik Minyak Kelapa Sawit (PMKS) milik PT. Socfindo Lae Butar dipindahkan ke lokasi yang lebih aman dan strategis.

Tuntutan warga ini disampaikan melalui spanduk yang bertebaran di Kecamatan Gunung Meriah, Jumat (28/7/2017). Amatan acehterkini, spanduk-spanduk itu bertuliskan “Himbauan Kepada Suluruh Masyarakat Kecamatan Gunung Meriah, Agar Bersama – Sama Melakukan Gerakan Pemindahan Pabrik Minyak Kelapa Sawit (PMKS) PT. Socfindo Lae Butar”.

Suandi Tumanggor, warga Desa Gunung Meriah kepada acehterkini mengatakan, alasan spanduk itu dipasang karena letak PMKS PT. Socfindo berada di kawasan pemukiman padat penduduk.

“Aktifitas kenderaan angkutan TBS juga lalu lalang di kawasan penduduk, dan sangat meresahkan. Selain menimbulkan suara bising, polusi udara juga asap dari cerebong dan bau limbah juga sangat dikeluhkan,” kata Suandi.

Warga Gunung Lagan Memasang Spanduk Minta Agar PMKS PT. Socfindo Dipindahkan, Jumat (28/7/2017). Foto | Jamaluddin

Menanggapi pernyataan Suandi itu, pengurus atau Pimpinan PT. Socfindo, Erikson Ginting mengatakan PMKS PT. Socfindo sudah berdiri sejak 1938 di Rimo.

“Artinya karena adanya pabrik maka pemukiman semakin padat, ini disebabkan adanya sumber penghidupan dan roda ekonomi,” kata Erikson Ginting dalam pesan singkatnya.

Erikson Ginting menjelaskan jika masyarakat meminta PMKS dipindahkan maka hendaknya melalui ketentuan dan mekanisme yang ada dan tidak memasang spanduk-spanduk di lokasi HGU. [Jamaluddin]

Comments
To Top