Pendidikan

Siswa Aceh Mengenal Nusantara ke NTB

Siswa Aceh Mengenal Nusantara ke NTB

ACEHTERKINI.COM | Sebanyak 23 siswa SMA/SMK/SLB terpilih dari 23 kabupaten kota di Aceh diberangkatkan ke Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mengikuti kegiatan Siswa Mengenal Nusantara (SMN) Tahun 2017.

Rombongan bertolak dari Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Aceh Besar, Aleuhat 23 Juli 2017 dan akan berada di NTB hingga 31 Juli 2017.

Salah seorang guru pendamping Nurchaili mengatakan, Kegiatan SMN merupakan program pertukaran pelajar antar provinsi yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN. Tujuan adalah untuk menanamkan rasa bangga sebagai bangsa yang memiliki keragaman kekayaan Nusantara melalui proses pertukaran informasi dan kebudayaan.

Di Provinsi Aceh, program SMN dijalankan oleh tiga BUMN yaitu PT. Indonesia Asahan Aluminium (Inalum), PT. Pos Indonesia, dan PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) 1.

Seleksi peserta dilakukan melalui kerjasama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Aceh yang memiliki prestasi akademik maupun non akademik yang berasal dari keluarga kurang mampu dan dua diantaranya mewakili siswa penyandang disabilitas.

Peserta didampingi oleg tiga orang pendamping yaitu, Nurchaili dari MAN 4 Aceh Besar, Cut Muliyani dari SLBN Pembina di Aceh Tamiang dan Suryanita dari Dinas Pendidikan Provinsi Aceh.

Selama di Lombok para pelajar akan mengikuti berbagai kegiatan, seperti pengenalan budaya dan kearifan lokal, pariwisata, tatanan sosial kemasyarakatan, pendidikan dan berbagai informasi lainnya dari masyarakat NTB.

Di waktu yang bersamaan pelajar dari NTB juga berkunjung ke Aceh dengan tujuan yang sama. Tahun ini merupakan tahun ketiga program SMN digelar di seluruh provinsi di Indonesia. [Edi]

Comments
To Top