Ekonomi

PT. PLB Astra Perkuat Kemitraan dengan Petani Sawit

Program Kemitraan PT. PLB Astra Agro Lestari dengan Petani Sawit di Aceh Singkil

Foto | Jamaluddin

ACEHTERKINI.COM | PT. Perkebunan Lembah Bhakti ( Astra Agro Lestari Tbk) memperkuat program kemitraan dan CSR dengan petani sawit di Kabupaten Aceh Singkil. Hal ini dilakukan karena masih tingginya minat masyarakat dalam berkebun kelapa sawit belum diimbangi dengan pengetahuan yang baik tentang agronomi budidaya perkebunan kelapa sawit.

Hal itu disampaikan Slamet Riyadi selaku Adminstrator PT. Perkebunan Lembah Bhakti (PLB 1) Astra Agro Lestari Kabupaten Aceh Singkil usai menandatangani Kontrak Karya dengan H. Suhaimi, salah seorang petani sawit di Desa Gunung Lagan, Kecamatan Gunung Meriah, Kamis (20/7/2017).

Kata Slamet, sawit telah terbukti mampu menggerakkan roda ekonomi daerah, menyediakan lapangan kerja, dan memberikan kontribusi bagi negara. PT. Perkebunan Lembah Bhakti membuat program kemitraan yang terbaru dengan para petani sawit di Kabupaten Aceh Singkil yang disebut dengan program kontrak karya kemitraan.

“Untuk tahun 2017 ini ada sekitar 1800 hektar yang akan menjadi target kemitraan PT.PLB Astra dengan para petani sawit, dan ini adalah program perdana kemitraan antara perusahaan dengan petani sawit. Dalam program ini, para petani dapat memilih paket kemitraan yang ditawarkan oleh perusahaan,” jelasnya.

Paket kemitraan itu berupa, pendampingan petani untuk manajemen budi daya kelapa sawit, perbaikan agronomi tanaman, manajemen panen, manajemen pemupukan, hingga manajemen pengangkutan serta perbaikan infrastruktur kebun petani.

Sambungnya, di wilayah perkebunan sawit PT. PLB 1 Astra Agro Lestari Kabupaten Aceh Singkil telah ada beberapa petani atau kelompok tani yang menjalin kontrak kemitraan.

Salah satunya adalah milik H. Suhaimi dan keluarga yang memiliki area kebun di Desa Gunung Lagan, Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil dan yang bersangkutan atas nama pribadi dan mewakili keluarga sudah melakukan MoU program kontrak kemitraan dengan PT.PLB Astra Kabupaten Aceh Singkil pada Jumat (20/7/2017).

Kepada acehterkini, Sabtu (22/7/2017), Suhaimi menyampaikan kontrak kemitraan yang dilakukan dengan PT.PLB Astra karena selama ini masih saja mengalami kesulitan untuk melakukan perbaikan di antaranya seperti agronomi tanaman serta manajemen perawatan tanaman kelapa sawit.

“Dengan adanya MoU ini , tentunya kami berharap agar hasil dari kebun kelapa sawit kami kedepan ini semakin meningkat sehingga dapat menambah penghasilan,” harapnya. [Jamaluddin / ADV ]

To Top