Sosial

Polres Aceh Singkil Bedah Rumah Warga Tak Layak Huni

Foto | Jamaluddin

ACEHTERKINI.COM | Polres Aceh Singkil melakukan bedah rumah warga yang tak layak huni di Kecamatan Gunung Meriah. Kegiatan sosial ini dalam rangka HUT Bhayangkara ke-71 tahun 2017.

Kapolres Aceh AKBP Ian Rizkian Milyardin, SIK mengungkapkan, program bedah rumah milik Suratman, warga Desa Blok VI Baru, Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil tersebut dilakukan setelah mendapat laporan dari anggota (Bhabinkamtibmas) setempat mengenai kondisi rumah warga binaannya yang sangat memprihatinkan dan tidak Iayak huni.

“Anggota Bhabinkamtibmas mengusulkan untuk dibantu perbaikan terhadap rumah salah satu warga binaannya yang dinilai tidak Iayak huni,” ungkap AKBP Ian Rizkian, didampingi Wakapolres Kompol Mughy Prasetyo dan Kapolsek Gunung Meriah AKP Adriamus dan KBO Lantas, IPDA Mulyadi saat ditemui di lokasi bedah rumah warga, Jum’at (7/7/2017).

Aksi sosial bedah rumah itu, sebut kapolres, merupakan wujud rasa kepedulian dan simpati Polri kepada masyarakat yang kurang mampu pada peringatan HUT Bhayangkara ke 71 dengan harapan Polri menjadi Iebih dekat dengan masyarakat, sebab Polri juga milik dan berasal dari masyarakat.

Polres Aceh Singkil Melakukan Bedah Rumah Tak Layak Huni Milik Suratman dalam rangka HUT Bhayangkara ke-71. Foto | Jamaluddin

“Pada intinya, tugas Kepolisian bukan hanya sebagai penegak hukum semata, namun juga bertugas sebagai pelayan begitu juga menolong masyarakat yang membutuhkan menjadi prioritas dan tugas mulia polisi,” ungkap Ian Rizkian.

Kondisi tempat tinggal yang ditempati Suratman bersama istrinya Suparti dan 2 orang anaknya memang sudah cukup memperihatinkan. Bahkan, Rumah yang bersangkutan juga sudah tampak usang dan dinding papan yang sudah Iapuk termakan usia.

Suratman hanyalah seseorang warga yang sehari-harinya bekerja sebagai kuli bangunan dengan penghasilan yang tidak menentu.

Penghasilan sehari-hari dari hasil seperti ini tentunya tidak mecukupi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari terlebih untuk memperbaiki rumahnya.

Kondisi tersebut tentunya membuat kami terpanggil dan tergerak bersama dengan Komunitas Share Smile untuk sedikit membantu dan meringankan beban warga kita yang tidak mampu yaitu saudara kita Suratman dan keluarganya.

”Harapan kami semoga bantuan ini dapat berguna bagi Suratman dan keluarganya,” pinta AKBP Ian Rizkian Milyardin.

“Ada tiga unit rumah warga tidak mampu yang akan dilaksanakan program bedah rumah dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara ke 71, dan rumah Suratman merupakan satu diantara tiga unit rumah yang akan dibedah,” jelas Kapolres Aceh Singkil.

Ditempat yang sama, Ketua Komunitas Share Smile, Surianto mengatakan, sejauh ini masih terkendala dengan dana, karena dana yang dikumpulkan selama ini hanya dari patungan komunitas dan dari para donatur yang bersedia menyumbang, hingga saat ini belum mencukupi target.

“Syukur Alhamdulillah, Kapolres Aceh Singkil telah siap membantu dan mensupport langkah komunitas ini, untuk berbagi senyum kepada masyarakat yang tidak mampu,”ungkapnya.

Untuk itu, Surianto mengajak kepada rekan – rekan yang sudah tergabung dalam komunitas tersebut untuk turut serta membuka bagi siapa saja yang mau bergabung mendaftar diri sebagai anggota komunitas Share Smile.

“Rencana kedepan ini, setiap bulan anggota komunitas Share Smile akan menyetor atau menyumbang Rp50.000 dari anggota yang di target 300 orang, sehingga setiap bulan share smile bisa membedah satu rumah di Aceh Singkil.  [Jamaluddin]

To Top