Hukum

Polres Abdya Ringkus Pemilik Ganja 43 Kilogram

Kapolres Abdya Bersama Barang Bukti 43 Kilogram Ganja dari Dua Tersangka asal Gayo Lues, Rabu (19/7/2017)

Foto | Rizal

ACEHTERKINI.COM | Jajaran Polres Aceh Barat Daya (Abdya) berhasil meringkus dua tersangka pemilik ganja sebanyak 43 kilogram di Desa Alue Dama, Kecamatan Setia, Kabupaten Abdya pada Selasa sore (18/7/2017) sekitar pukul 18.00 wib.

Kedua tersangka sudah diamankan di Mapolres Abdya masing-masing berinisial MR (23) warga Desa Kuta Lintang, Kecamatan Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues dan Ar (27) warga Desa Rerebe, Kecamatan Tripe Jaya, Kabupaten Gayo Lues.

Selain barang bukti berupa ganja kering yang sudah dipaket sebanyak 43 bal, bersama tersangka polisi juga mengamankan satu unit mobil pickup dengan nomor polisi BK 8554 CN yang digunakan kedua tersangka untuk mengangkut barang haram dengan tujuan Sumatra Utara.

Kapolres Abdya AKBP Andy Hermawan SIK MSc, Rabu (19/7/2017) menjelaskan, penangkapan ganja 43 kilogram tersebut, berawal dari informasi masyarakat yang melihat gerak-gerik sosok dua orang laki-laki yang terlihat begitu mencurigakan. Ketika didatangi warga, mereka malah melarikan diri dengan menggunakan mobil pickup menuju arah pantai.

Warga di Desa Alue Dama berupaya melakukan pengejaran. Tiba-tiba warga melihat mobil pickup tersebut sudah berada dipinggir jalan tanpa ada pemiliknya. Setelah dilakukan pemeriksaan mereka menemukan ganja yang sudah dipaket.

“Kemudian warga langsung menginformasikan kejadian itu kepada Polisi terdekat,” kata Kapolres Andy didampingi Kasat Reskrim AKP Misyanto, Kabag Ops AKP Awang Bayu dan para perwira lainnya dalam acara konfrensi pers di Aula Mapolres setempat.

Setelah mengamankan barang bukti, pada Rabu (19/7/2017) sekitar pukul 01.00 wib dini hari, Polisi mendapatkan informasi dari warga Desa Kuta Tuha, Kecamatan Blangpidie, bahwa ada dua orang laki-laki yang sangat mencurigakan dengan kondisi pakaian yang sudah berlumuran lumpur.

“Setelah dimintai keterangan oleh pihak Polsek Blangpidie, kedua orang itu mengaku sebagai pemilik barang haram tersebut,” jelas Kapolres Andy.

Untuk sementara waktu masih dalam tahap penyidikan. Polisi akan terus mengintrogasi tersangka terkait penggunaan ganja tersebut, kemungkinan bisa saja akan ada tersangka lainnya.

“Tersangka akan terancam kurungan selama 20 tahun atau maksimal seumur hidup sesuai dengan pasal 111 ayat (2) sub pasal 114 ayat (2) sub pasal 115 ayat (2) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika,” jelas Kapolres Andy. [Rizal]

To Top