Sosial

Pemko Banda Aceh Kembali Gelar Festival Anak Saleh

Ilustrasi

ACEHTERKINI.COM | Pemerintah Kota Banda Aceh bekerjasama dengan Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPMRI) dan Lembaga Pembinaan dan Pengembangan TK Al-Quran (LPPTKA) kembali menggelar Festival Anak Saleh Indonesia (FASI).

FASI 2017 yang diperkirakan akan diikuti oleh 1.500 peserta akan dipusatkan di Masjid Baitul Musyahadah pada Kamis-Minggu (27-30/7/2017). Pesertanya merupakan para santri yang mewakili seluruh TPQ yang terdaftar dalam LPPTKA-BKPRMI Banda Aceh. Adapun jadwal pendaftaran peserta dibuka pada 19-21 Juli 2017.

Kepala Bagian Keistimewaan dan Kesejahteraan Rakyat Setdako Banda Aceh Arie Maula Kafka menyebutkan tujuan kegiatan ini untuk membentuk kader generasi muda Islam yang beriman dan bertaqwa dan mampu menguasai serta menerapkan nilai-nilai qurani dalam tatanan kehidupan.

“Ajang ini juga kita harapkan dapat menjadi media untuk memperkokoh silaturahim dalam upaya meningkatkan ukhuwah islamiyah dan insaniyah, terutama antar para guru dan santri TPQ, pengurus LPPTKA-BKPRMI, dan seluruh aktivis penggerak bangsa yang mencintai Al-Quran,” kata Ari Maula di ruang kerjanya Selasa (18/7/2017).

Ia merincikan, jumlah cabang yang diperlombakan sebanyak 14 cabang lomba yang dibagi ke dalam 37 nomor lomba. Ke-14 cabang lombanya yakni Tartil Al-Quran, Azan dan Iqamah, Nasyid, Cerdas Cermat Al-Quran, Mewarnai Gambar, Ceramah Agama Islam Bahasa Indonesia, Peragaan Salat Perorangan, Menggambar, Tilawah Al-Quran, Tahfiz Juz’Amma, Tarjamah Lafdziyah, Kisah Islami, Kaligrafi, dan Baca Kitab Arab Melayu.

”Sementara dewan hakim FASI 2017 ada 48 orang yang terdiri dari pengurus LPTQ, IPQAH, Dosen Perguruan Tinggi, kalangan dayah dan BKPRMI LPPTKA Kota Banda Aceh. Berdasarkan hasil penilaian, para dewan hakim nanti yang akan menentukan 156 juara yang terdiri dari 52 juara I, 52 Juara II dan 52 Juara III.”

”Kepada para juara, selain trofi juga akan diberikan hadiah berupa piagam dan dana pembinaan untuk masing-masing Juara I Rp 500.000, Juara II Rp 400.000 dan Juara III sebesar Rp 300.000. Khusus kepada juara umum juga akan diberikan piala bergilir Wali Kota Banda Aceh plus dana pembinaan Rp 2.000.000,” pungkas Arie Maula. (Ril)

To Top