Sosial

Pelaku Pencurian Kerap Beraksi di Abdya

Foto | Ilustrasi

ACEHTERKINI.COM | Warga mulai resah, pelaku pencurian kerap melancarkan aksinya di sejumlah pemukiman penduduk di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya). Dalam beberapa pekan terakhir, dilaporkan telah terjadi beberapa kasus pencurian di wilayah Kecamatan Setia dan sekitarnya.

Salah satu korban pencurian, Senin (3/7/2017) sempat mengaku kehilangan sepeda motor jenis Honda Beat dengan nomor polisi BL 5239 CG. Kendaraan roda dua milik Musliadi (34) warga Desa Rambong Kecamatan Setia itu hilang setelah maling membobol pintu rumahnya.

Selain itu kasus serupa juga terjadi di Desa Lhang kecamatan setempat. Dimana pelaku pencurian itu mencoba masuk ke dalam rumah Sekdes setempat, namun aksi pencurian tersebut berhasil digagalkan.

Sebelumnya juga terjadi aksi pencurian di Desa Pisang Kecamatan yang sama, korban kali ini merupakan keuchik (kepala desa) setempat yang mengaku kehilangan sejumlah pakaian dan kunci kenderaan roda dua.

Pj Keuchik Rambong Ade Herman membenarkan aksi pencurian di kecamatan setempat sudah sangat sering terjadi. Pasca maraknya aksi pencurian itu, masyarakat telah melakukan pengamanan secara individu, bahkan juga secara bersama-sama, namun aksi pencurian yang sangat merugikan tersebut tetap saja terjadi.

“Kami berharap pihak Kepolisian dapat mengatasi persoalan ini, karena warga mengaku sangat resah,” tuturnya.
Kapolres Abdya, AKBP Andy Hermawan, SIK, MSc kepada wartawan, meminta masyarakat untuk lebih waspada dan berhati-hati terutama menjaga barang-barang berharga miliknya dan aktif menjaga lingkungan masing-masing.

Terkait kondisi itu, pihaknya jauh-jauh hari telah meningkatkan patroli rutin Kamtibmas melalui Polsek masing-masing kecamatan. Selain itu, laporan dari masyarakat juga akan sangat membantu Polisi dalam mengungkap kasus kasus ini.

“Kepolisian akan berupaya semaksimal mungkin mencari sindikat pencurian tersebut, agar tidak meresahkan warga sekitar, disamping itu kita juga akan meminta keuchik agar mengintruksikan kepada warganya supaya lebih waspada terhadap pencurian dan laporkan segera ke Polsek terdekat,” imbuhnya.(Rizal)

To Top