Sosial

Mahasiswa KKN Unsyiah Diminta Pacu Efisiensi Dana Desa

Pembekalan Mahasiswa KKN Unsyiah, Selasa (11/7/2017)

Foto | Istimewa

ACEHTERKINI.COM | Mahasiwa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Unsyiah diminta memacu efisiensi penggunaan dana desa yang ada di lokasi Kabupaten Aceh Tengah. Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Aceh Tengah Ir H Nasaruddin MM dalam pembekalan KKN di Gedung AAC Dayan Dawood, Darussalam, Banda Aceh, Selasa (11/7/2017).

Sebagaimana dikabarkan sebelumnya, sebanyak 2.211 mahasiswa Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) akan mengikuti KKN mulai 24 Juli – 25 Agustus 2017. Dari jumlah tersebut, sebanyak 1.527 mahasiswa KKN Reguler akan ditempatkan pada 10 kecamatan di Kabupaten Aceh Tengah.

“Mahasiswa KKN Unsyiah nantinya harus mendorong perangkat desa yang ada 10 kecamatan tersebut untuk membuat laporan dana desa yang baik,” ujar Nasaruddin.

Menurutnya, para mahasiswa Unsyiah dapat melaksanakan pembinaan desa dengan berbagi ilmu pengetahuan kepada masyarakat desa. Apabila anggaran sebuah desa dipergunakan dengan efisien dan laporannya juga rapi maka desa tersebut akan maju dan mandiri.

“Masyarakat desa memang harus diberdayakan semuanya, karena arah kebijakan pembangunan saat ini dimulai dari masyarakat desa,” kata Nasaruddin.

Sementara itu, Rektor Unsyiah Samsul Rizal menyampaikan agar mahasiswa KKN mendampingi perangkat desa dalam menyusun program desa yang bermanfaat.

“Selain itu, mahasiswa harus mengajak masyarakat agar tranparan dan akuntabel dalam menjalankan program desa,” ungkapnya.

Samsul Rizal menjelaskan, apabila dana desa tidak digunakan dan diatur dengan baik, maka dikhawatirkan akan terjadi konflik horizontal sesama masyarakat. [Ril]

To Top