Sosial

Lantik Bupati Aceh Timur, Irwandi Ingatkan Sektor Pertanian

Irwandi Yusuf Melantik Hasballah HM Thaib sebagai Bupati Aceh Timur periode 2017-2022 di DPRK Aceh Timur, Kamis (13/7/2017)

Foto | Istimewa

ACEHTERKINI.COM | Gubernur Aceh Irwandi Yusuf melantik Hasballah HM Thaib dan Syahrul bin Syamaun sebagai Bupati dan Wakil Bupati Aceh Timur pada Rapat Paripurna Istimewa DPRK Aceh Timur, Kamis (13/07/2017).

Pada kesempatan itu, Irwandi Yusuf mengingatkan kepada bupati agar memanfaatkan potensi pertanian, perikanan dan sumber daya alam di Aceh Timur.

“Ada 24.000 hektar lahan di daerah itu yang bisa dikonversi menjadi sawah baru yang kemudian diberikan kepada masyarakat setempat. Dengan lahan 24.000 hektar itu tentunya dapat menampung 24 ribu kepala keluarga sebagai tenaga kerja baru,” kata Irwandi Yusuf usai melantik pasangan Rocky – Linud.

Irwandi menjelaskan lahan yang diberikan kepada masyarakat itu setelah 10 tahun masa garap di bawah pengawasan dan arahan pemerintah kabupaten dengan catatan tidak boleh dijual, sehingga dalam 10 tahun ke depan tidak boleh orang yang ber KTP petani kelaparan dan tidak punya lahan. “Kita bisa membentuk kelompok petani modern di Aceh Timur,” kata Irwandi Yusuf.

Kemudian sektor perikanan, Irwandi mengatakan nelayan Aceh Timur menyumbang ikan yang cukup banyak untuk Aceh. Begitupun dengan pertanian padi, jagung dan kedelai.

“Saya minta Pemerintah Aceh Timur untuk memanfaatkan sumber daya alam dan kekayaan alam untuk mensejahterakan rakyatnya,” ujar Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf.

Acara pelantikan dan pengambilan sumpah Bupati dan Wakil Bupati Aceh Timur periode 2017-2022 disaksikan oleh Wali Nanggroe Aceh Malik Mahmud Al Haytar, mantan Wakil Gubernur Aceh, Muzakir Manaf, Walikota Langsa dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Aceh. [Firman]

Comments
To Top