Pendidikan

Krisis Guru Agama, Pemerintah Bisa Angkat Honorer

Imam Syafi'i

ACEHTERKINI.COM | Direktur Pendidikan Agama Islam Ditjen Pendidikan Agama,  Kementerian Agama RI, Imam Syafi’i menilai pengangkatan guru honorer akan menjadi solusi yang lebih baik terkait krisis guru agama yang saat ini sedang terjadi di sekolah-sekolah.

Menurut dia, konsentrasi guru honorer dalam mengajar agama akan lebih baik jika pemerintah mempercepat pengangkatan guru agama tersebut.

“Kalau guru-guru itu nantinya bisa diangkat sebagai guru agama, maka guru-guru itu statusnya tentu akan lebih baik lagi. Secara konsentrasi, mengajarnya juga akan lebih bagus dibandingkan dengan menjadi guru honorer,” ujar Imam, Aleuhat (9/7/2017).

Tentu saat ini menurutnya, pembelajaran agama sangat minim hanya sekitar tiga jam. Jika sekarang ditambah kekurangan guru agama akan berdampak pada pemahaman siswa. Ia berharap pengangkatan guru agama honorer bisa membantu mengatasi permasalahan kekurangan guru agama ini.

Imam mengatakan kalau guru-guru itu nantinya bisa diangkat sebagai guru agama, maka guru-guru itu statusnya tentu akan lebih baik lagi. Secara konsentrasi, mengajarnya juga akan lebih bagus dibandingkan dengan menjadi guru honorer.

“Sebenarnya begini, besok saya (hari ini) akan konsutasi ke biro kepegawaian, kemudian dengan teman-teman kita ingin tahu sebenarnya sejak kapan moratoriumnya guru agama tidak ada pengangkatan,” katanya.

Sebagai pejabat Kemenag Imam mengaku harus membuat langkah-langkah termasuk membuat pembinaan terhadap guru agama. Kemudian mereka yang masih honorer juga terus dibina agar lebih baik.

Imam juga berharap agar tak ada guru yang tak ahli agama malah ditempatkan menjadi guru agama. “Bukan kita curiga atau menafikan guru-guru bidang lain yang akan membantu, tapi kita hati-hati jangan sampai terjadi pemahaman yang tidak kita inginkan yang anti-Indonesia,” ujarnya.

Sumber : Republika

To Top