Uncategorized

Jembatan Penghubung Dua Desa Terancam Ambruk

Jembatan Peghubung Dua Desa di Abdya Terancam Ambruk

Foto | Rizal

ACEHTERKINI.COM | Jembatan Beton yang menghubung jalur tranportasi antara Desa Lhok Puntoy, Kecamatan Manggeng dan Desa Suka Damai, Kecamatan Lembah Sabil, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) terancam ambruk karena alas jembatan sudah mulai patah akibat diterjang arus air pasca banjir tahun 2015 lalu.

“Yang kita khwatirkan, jembatan itu tidak akan bertahan lama lagi. Mungkin sekali datang banjir besar, jembatan itu roboh,” ungkap Nasruddin warga setempat yang ditemui wartawan, Senin (31/7/2017).

Dampak patahnya jembatan itu, lanjut Nasruddin, jalur transportasi dua desa terputus. Artenatif lain, masyarakat terpaksa harus menyebrangi sungai menuju desa selanjutnya.

Warga setempat berharap, jembatan yang sudah berumur kurang lebih sepuluh tahun itu segera diperbaiki. Tiang penyanggah jembatan juga sudah mulai dikeruk arus air.

“Kita meminta pemerintah segera mencari solusi untuk jembatan itu, jangan sampai begitu sudah patah baru dipikirkan penanggulangannya. Artinya sebelum terjadi yang besar lebih baik perbaiki dulu yang kecil,” tuturnya singkat.

Kepala Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Abdya, Afrida Surya ST menyebutkan, jembatan yang diperkirakan sepanjang 50 meter itu sudah di usulkan untuk pembangunan tahun 2018 dengan besar anggaran Rp.15 miliar sumber dana alokasi khusus (DAK) Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten (APBK).

Kontruksinya, tambah Afrida, akan dibangun menggunakan rangka baja. Artinya jembatan itu akan dibangun baru kembali, bangunan jembatan yang sudah rusak akan dibongkar untuk dibangun baru.

Sebenarnya jembatan itu sudah beberapa kali diusulkan, namun masih menunggu dan terus menunggu ketercukupan anggaran. “Kita berharap, tahun 2018 jembatan itu akan segera dibangun. Dimana, kita telah mengusulkan rekontruksi baja, panjang 50 meter dan menelan biaya sebesar Rp.15 miliar,” sebut Afrida. (Rizal).

To Top