Lingkungan

Harimau Mangsa Anak Lembu di Lembah Seulawah

Tim BKSDA Aceh bersama masyarakat sedang melakukan penggiringan Harimau sumatera di Lembah Seulawah, Aceh Besar

BKSDA Aceh

ACEHTERKINI.COM | Seekor anak lembu milik Sulaiman, warga Desa Sukamakmur, Kecamatan Lembah Seulawah, Kabupaten Aceh Besar menjadi korban santapan Harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae), Kamis (27/7/2017).

Kepala BKSDA Aceh, Sapto Aji Prabowo mengatakan, tim BKSDA bersama warga setempat sudah menggiring harimau tersebut ke habitatnya.

“Kita terima laporan dari masyarakat, ada anak lembu jadi korban harimau, kemudian kita tugaskan personel dan kita temukan sisa anak lembu yang sudah dimangsa harimau dan sudah dipasang racun oleh warga dengan tujuan untuk membunuh harimau,” terang Sapto.

Tindakan menaruh racun di makanan harimau itu kata Sapto tidak dibenarkan dalam undang-undang. Itu merupakan pelanggaran UU Nomor 5 Tahun 1990 dan merupakan tindak pidana.

“BKSDA sudah menyampaikan pengertian ini kepada masyarakat, kita minta agar sisa makanan harimau itu dikuburkan,” ujar Sapto, Senin (31/7/2017).

Kemudian masih dikatakan Kepala BKSDA Aceh, pada Jumat 28 Juli 2017, warga setempat kembali melaporkan bahwa harimau muncul lagi di sekitar pemukiman. “Kita langsung bergerak cepat membawa pawang harimau, Syarwani ke Desa Sukamakmur, Lembah Seulawah,” kata Sapto.

Menurut Sapto, sampai di Lembah Seulawah, BKSDA lakukan pengusiran dan membuat kandang anti serangan harimau dari kawat berduri, memasang empat kamera trap, dan melakukan ritual mengusir harimau dengan harapan tidak lagi mengganggu warga setempat. [Firman]

To Top