Ekonomi

Hama Wereng Mengganas, Petani Abdya Resah

Hama Wereng menyerang padi di Kabupaten Aceh Barat Daya, Petani mulai resah, Senin 17 Juli 2017

Foto | Rizal

ACEHTERKINI.COM | Sejumlah petani di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mengaku resah dengan serangan hama wereng yang semakin mengkhawatirkan. Tanaman padi petani yang sudah berumur hampir dua bulan terlihat begitu subur berwarna hijau kini berubah menjadi kuning kecoklatan.

Sari salah satu petani di Kecamatan Tangan-Tangan, Senin (17/7/2017) mengaku resah dengan tingginya serangan hama wereng. Berbagai macam daya upaya telah dilakukan untuk menangkal hama tersebut, tetap saja, reaksi yang ditimbulkan tanaman padi semakin kerdil dan menguning.

“Hama wereng menyerang padi yang mulai membunting dan yang telah mekar. Segala macam upaya telah dilakukan untuk membasmi hama tersebut, namun tetap saja tidak ampuh. Yah sudahlah semua kita serahkan kepada yang kuasa,” kata Sari pasrah.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, Ir Muslim yang dihubungi wartawan, membenarkan kalau tanaman padi di sejumlah wilayah dalam Kabupaten Abdya terkena serangan hama wereng.

Sejauh ini, pihaknya telah melakukan peninjauan secara langsung guna mencari tahu jenis wereng yang menyerang tanaman padi petani tersebut.

“Hama wereng coklat ini, menjadi parasit dengan menghisap cairan tumbuhan sehingga mengakibatkan perkembangan tumbuhan menjadi terganggu bahkan mati. Untuk itu kita sedang berupaya mencari penangkalnya yang dipioritaskan untuk tanaman padi petani yang terserang hama tersebut,” ungkap Muslim singkat.

Disisi lain, Kabid Produksi Distanpan Abdya, Ir Hamdan menyebutkan, dari luas areal persawahan 11.178 hektar yang tersebar di sembilan kecamatan dalam kabupaten setempat, diperkirakan sekitar 15 persen telah terkena dampak serangan hama dimaksud.

“Data pastinya belum ada, prediksi itu sesuai dengan amatan langsung termasuk laporan petani,” sebutnya.

Hama wereng menyerang areal persawahan di Kecamatan Lembah Sabil, Manggeng, Tangan-Tangan, Setia, Blangpidie, Susoh dan Jeumpa. Sedangkan untuk kecamatan lain seperti Kuala Batee dan Babahrot masih dalam tahap pemantauan.

Ciri ciri tanaman padi yang diserang hama wereng coklat, warnanya berubah menjadi kekuningan, pertumbuhan terhambat dan tanaman menjadi kerdil. Pada serangan yang parah keseluruhan tanaman padi menjadi kering dan mati, perkembangan akar merana dan bagian bawah tanaman yang terserang menjadi terlapisi oleh jamur.

“Mudah-mudahan penanganan hama wereng akan berhasil dilakukan. Semoga saja tidak membuat produksi padi tahun ini jauh berkurang dari kemarin,” demikian harapnya. (Rizal)

To Top