Hukum

Gugatan Panwaslih Lawan Bupati Aceh Singkil Belum Ada Titik Temu

Hasnan Malik Kuasa Hukum Panwaslih Aceh Singkil

Foto | Jamaluddin

ACEHTERKINI.COM | Gugatan perdata Panwaslih Aceh Singkil dengan Bupati Aceh Singkil terkait dana Pilkada Aceh 2017 belum juga ada titik terang. Kuasa hukum Panwaslih Aceh Singkil, Hasnan Malik S.H. M.H mengatakan, bupati tidak menghargai proses peradilan.

“Sudah empat kali sidang, bupati tidak hadir. Pernah sekali hanya mengutus kuasanya dari Bagian Hukum Pemkab Aceh Singkil, kami sayangkan bupati belum ada niat baik untuk menyelesaikan masalah ini,” kata Hasnan, kepada acehterkini, Senin (17/7/2017).

Ia menjelaskan hari ini, Senin adalah sidang keempat agenda mediasi lanjutan. Sidang hari ini bupati dan kuasanya juga tidak hadir. “Ini artinya bupati belum ada niat baik untuk menyelesaikan masalah anggaran Panwaslih pada Pilkada 2017 lalu,” terang Hasnan.

Padahal kata Hasnan, Sidang Mediasi yang dilaksanakan pada senin yang lalu sudah menemui kata sepakat. Dimana pada persidangan hari ini akan dilakukan penentuan sikap, apakah tergugat dalam hal ini Bupati Aceh Singkil beritikad baik atau tidak.

“Nyatanya hari ini sebagaimana yang telah disepakati sebelumnya Bupati Aceh Singkil atau kuasanya juga tidak berhadir sehingga pihak Pengadilan Negeri Singkil harus memanggil kembali pada persidangan yang akan dilanjutkan Senin, 24 Juli 2017, tentu ini suatu sikap tidak menghargai proses peradilan dan berniat buruk untuk mempersulit penyelesaian,” papar Hasnan.

Sambungnya, Panwaslih Aceh Singkil sebenarnya sangat berharap agar dipersidangan yang ke empat ini yaitu hari terakhir Safriadi menjabat sebagai Bupati Aceh Singkil dapat memberikan solusi yang terbaik bagi daerah ini.

“Kami berharap agar Bupati Aceh Singkil terpilih dan akan dilantik dalam bulan ini dapat meresponnya dengan cepat dengan menandatangani NPHD tersebut,” ujar Hasnan.

Kata Dia, sengketa ini disebabkan Bupati Aceh Singkil, H.Safriadi, SH tidak berkenan menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Bersama (NPHD) sebagai syarat pencairan anggaran Panwaslih yang sudah teralokasikan pada APBK Aceh Singkil 2017. [Jamaluddin]

To Top