Lingkungan

Cegah Kebakaran Lahan di Aceh, Pemerintah Bentuk Tim Patroli

Pelatihan Brigade Pengedalian Kebakaran Hutan dan Lahan di Balai Taman Nasional Gunung Ceremai

tngceremai

ACEHTERKINI.COM | Pemerintah akan membentuk Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Aceh. Rencana pembentukan tim patroli muncul dalam pertemuan antara Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Ir. Raffles Brotestes bersama Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, Jumat (28/7/2017).

Raffles mengatakan, KLHK akan membantu sarana dan prasarana kepada Pemerintah Aceh jika Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan sudah dibentuk.

“Upaya pencegahan harus ditingkatkan, salah satu langkahnya dengan membentuk tim patroli di daerah yang sering terjadi kebakaran secara terpadu dengan melibatkan berbagai pihak,” kata Raffles di Kantor Gubernur Aceh.

Raffles Brotestes Panjaitan Bersama Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah membahas pencegahan kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Aceh, Jumat 28 Juli 2017. Foto | Group WhatsApp Media Konservasi Aceh

“Kita akan berdayakan masyarakat, meningkatkan kapasitas masyarakat supaya mereka bisa terlibat langsung, nanti akan kita bantu sarana dan prasarananya,” tambah Raffles Brotestes Panjaitan.

Menurut dia di Aceh sudah ada Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH), tapi tenaga ahlinya belum ada. Untuk itu perlu inisiatif dari bawah untuk mengusulkan dan melatih tenaga yang sudah ada.

Dalam pertemuan antara Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan KLHK dengan Pemerintah Aceh disepakati upaya pencegahan kebakaran sedini mungkin dengan melakukan patroli pencegahan terpadu.

Sementara itu, Wakil Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengatakan, pemerintah Aceh akan menetapkan formulasi tentang pencegahan kebakaran hutan dan lahan sebagaimana yang diarahkan KLHK.

“Jadi yang penting sekali adalah pencegahan, sulit sekali dipadamkan kalau api itu besar, aspek pencegahan lebih efektif,” ujar Nova.

Pertemuan itu turut dihadiri Kepala BKSDA Aceh Sapto Aji Prabowo, Kepala BPDAS Krueng Aceh Ahmad Sofyan, Kepala BPBA Aceh Yusmadi dan Kepala Dinas Kehutanan Aceh Saminuddin B Tou. [Edi]

Comments
To Top