Sosial

BPOM: Aqua yag Tutupnya Bisa Dicungkil Bukan Produk Palsu

Ilustrasi

ACEHTERKINI.COM | Hanya dalam hitungan detik, sebuah video berdurasi 1 menit 41 detik begitu mudah menjadi viral.

Video yang menayangkan temuan tutup botol air minum dalam kemasan yang tidak berstandar itu membuat resah. Masyarakat menjadi mempertanyakan keamanan konsumsi mengingat air minum kemasan telah menjadi hajat hidup orang banyak.

Merespon keresahan itu, Deputi Bidang Pengawasan Keamanan Pangan dan Bahan Berbahaya Badan Pengawasan Obat-obatan dan Makanan (BPOM) Suratmono mengatakan air kemasan yang tutupnya bisa dicungkil bukan produk palsu.

Namun Sumarno tetap mengimbau masyarakat untuk tidak perlu khawatir menanggapi video yang memperlihatkan tutup botol merek Aqua yang bisa dicungkil bagian atasnya itu.

Bagian atas tutup botol air mineral merek pemimpin pasar air minum dalam kemasan di Indonesia itu bisa dibuka tanpa harus membuka segelnya.

“Tidak usah galau, tidak usah risau, yang bisa saya pastikan itu adalah bukan produk palsu dan dipalsukan,” ungkapnya kepada wartawan.

Dari hasil pengujian dan laporan yang diterima dari masyarakat, BPOM melayangkan surat pemanggilan kepada produsen.

“Kami sekarang sedang menindaklanjuti hal tersebut, kami sudah panggil dari pihak manajemen Aqua juga, dan pertama yang paling penting itu adalah bukan produk palsu, dan dari segi keamanan sementara ini masih tidak ada masalah,” katanya.

BPOM menjamin tidak ada masalah ancaman keamanan konsumen dan kesehatan yang merugikan.

Suratmono menjelaskan kemungkinan terjadi kerusakan tutup botol dalam proses produksi yang lazim dikenal dengan istilah “pecah koin” yang biasa terjadi dalam suatu produk yang diproduksi secara massal.

“Kemungkinan, dalam produk yang jumlahnya massal itu ada kesalahan dalam tutupnya itu yang sedang kita dalami. Biasanya ada kesalahan ditutupnya ini disebut pecah koin,” katanya.

Dalam waktu dekat pihaknya akan mengeluarkan penjelasan mengenai hal itu.

“Yang memastikan produk palsu atau bukan kan mereka, mereka memastikan bukan produk palsu, tapi ada kemungkinan yang sedang kita dalami. Mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah ada kejelasannya,” katanya.

Penelusuran untuk menjamin keamanan konsumen pun terus dilakukan hingga kini.

Antara

Comments
To Top