Lingkungan

Aplikasi Lapan Fire Deteksi 4 Titik Api di Aceh Selatan

Kodim 0107 Aceh Selatan Sedang Melakukan Pemadaman di Lahan Warga yang terbakar

Foto | Istimewa

ACEHTERKINI.COM | Aplikasi Lapan Fire Hotspot pemantau titik panas menemukan 4 titik api di wilayah Kabupaten Aceh Selatan, Jumat (22/7/2017).

Dandim 0107 Aceh Selatan, Letkol Kav. Hary Mulyanto mengatakan, titik api itu terpantau oleh Aplikasi Lapan Fire Hotspot. Lokasinya di Trumon, Bakongan dan Kluet Utara.

“Di Trumon ada dua titik, yaitu Desa Ie Meudama dan Cot Bayu, Bakongan satu di titik di Desa Padang Berahan dan satu titik lagi di Desa Gunong Pulo, Kluet Utara,” kata Hary Mulyanto.

Hary Mulyanto mengaku sudah memerintahkan personil di jajarannya untuk melakukan pemadaman di lokasi-lokasi tersebut.

“Sudah saya perintahkan ke seluruh jajaran untuk turun ke lokasi dan memadamkan api, apalagi karena ini musim kemarau,” ungkap Dandim Aceh Selatan.

Hasil pengecekan di lokasi, kata Dandim diketahui titik api yang berada di Kluet Utara adalah lahan milik Usman (60) yang terbakar seluas 1 hektar.

“Pemilik membakar lahan untuk menanam jagung, kemudian Babinsa dari Koramil Kluet Utara bersama pemilik lahan memadamkan api hingga benar-benar padam,” terang Dandim.

Selanjutnya api di Trumon dilaporkan kebakaran lahan seluas sembilan hektar. Saat ini api sudah dipadamkan baru seluas tiga hektar. Sedangkan enam hektar lagi di Desa Cot Bayu, Kecamatan Trumon Timur belum padam.

“Saat ini pihak berwajib masih melakukan penyelidikan penyebab terbakarnya lahan tersebut,” kata Hary Mulyanto.

“Kebakaran lahan dan hutan kemungkinan dapat saja terjadi sewaktu-waktu yang diakibatkan adanya unsur kesengajaan dan tidak sengaja. Kerawanan ini ditambah dengan banyaknya lahan gambut yang mengering disaat musim panas,” demikian Dandim 0107 Aceh Selatan, Letkol Kav. Hary Mulyanto. [Ril]

To Top