Layanan Publik

Apeksi XII di Malang Lahirkan Dua Rekomendasi

Ketua DPP Apeksi, Airin Rachmi Diany

ACEHTERKINI.COM | Rakernas Asosiasi Pemerintahan Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) XII di Kota Malang secara resmi ditutup oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Kamis (20/7/2017).

Rakernas Apeksi di Malang ini melahirkan dua rekomendasi. Ketua DPP Apeksi, Airin Rachma Diany yang juga sebagai Walikota Tangerang mengatakan, rekomendasi pertama adalah mendorong pemerintah melalui Kemendagri agar menfasilitasi daerah untuk melakukan MoU dengan aparat penegak hukum untuk memaksimalkan fungsi APIP (Aparat Pengawas Intern Pemerintahan).

“Semua Walikota sepakat meminta penegakan hukum harus memberikan akses seluasnya untuk perlindungan hukum kepada pejabat penyelenggara pemerintahan di daerah berdasarkan asas keadilan dan tidak didasarkan pada motivasi untuk tebang pilih perkara,” ujar Airin.

Sedangkan Rekomendasi kedua adalah tentang pemerintahan umum, dimana para Walikota menginginkan adanya akselerasi konsep pembangunan insfrastruktur melalui skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Pada sidang pleno yang digelar sebelum penutupan, para walikota anggota Apeksi sepakat menunjuk kota Tarakan sebagai tuan rumah penyelenggaraan Apeksi XIII tahun 2018.

Tarakan merupakan sebuah kota kecil di pulau Kalimantan Utara. Kota dengan jumlah penduduk 227.200 ini dipimpin oleh Walikota Ir Sopian Raga MSi dan Wakilnya HK Arief Hidayat.

Tarakan menyatakan diri siap menjadi tuan rumah Apeksi tahun 2018 dan siap menyambut 98 walikota beserta rombongan. [Ril]

To Top