Ekonomi

Aceh Jaya Minta Pengelolaan Dana Otsus Kembali ke Daerah

Foto | Arif

ACEHTERKINI.COM | Bupati Aceh Jaya, Drs. H. T. Irfan TB meminta agar Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf bisa mengembalikan pengelolaan dana Otsus Aceh ke kabupaten kota sebagaimana yang pernah dijalankan saat Irwandi memimpin Aceh pada 2007-2012 lalu.

Permintaan itu dilontarkan T. Irfan TB langsung kepada Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf, di Gedung DPRK Aceh Jaya, Selasa (18/7/2017).

“Saya berharap agar Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf dan DPR Aceh bisa mengembalikan dana Otsus pada daerah masing-masing sehingga setiap program pro rakyat maupun program unggulan lainnya dapat dilaksanakan dengan baik,” kata T. Irfan TB.

“Kalau masih bisa ditinjau agar dapat di alokasikan kembali dana Otsus ke daerah masing-masing, ini mungkin juga harapan dari bupati seluruh Aceh dan ini juga bisikan dari bupati daerah lain untuk saya sampaikan kepada Gubernur Aceh,” ucap T. Irfan menyampaikan amanah.

Permintaan itu langsung ditanggapi. Irwandi Yusuf mengatakan pengelolaan dana Otsus sebesar 60 persen sudah pernah ditangan tingkat dua. Kemudian kabupaten kota juga pernah mengelola dana Otsus sebesar 40 persen.

“Saya tidak tahu berapa persen dana Otsus yang dikelola oleh daerah saat ini, apakah 60 persen atau 40 persen, ini harus sesuai dengan Qanun Aceh,” ujar Irwandi.

Irwandi menegaskan tahun depan dana Otsus akan dikelola 100 persen oleh provinsi tapi pembangunannya hanya untuk kabupaten kota.

“Mau bikin proyek apa dengan dana Otsus, rencana saya dana aspirasi anggota DPR Aceh akan saya tambah dari Rp 11 miliar menjadi Rp20 miliar per orang, dengan catatan tidak boleh dipecah kecil-kecil seperti bangun pagar dan bangun parit, tapi dana Otsus harus dibuat yang khusus untuk program yang besar,” ujar Irwandi Yusuf.

Alasannya kata Irwandi karena dana Otsus Aceh tinggal 5 tahun lagi yang dua persen dari plafon Dana Alokasi Umum Nasional, padahal pembiayaan dana Otsus tidak ada yang tampak menonjol di Aceh. Kalau bukan sekarang ngak ada lagi.

“Saya sudah minta perpanjangan dana Otsus dua persen kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) setelah 2022. Dan Jokowi menyatakan walaupun tidak resmi setuju perpanjangan dana Otsus untuk Aceh,” demikian Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf. [Firman/Arif]

To Top